Apa Itu Presentasi, Tujuan serta Manfaatnya

Apa Itu Presentasi, Tujuan serta Manfaatnya
Presentasi didepan umum

Buat speakers yang punya kegiatan di bidang perencanaan, studi/riset, marketing, atau bidang lain yang diperlukan menyampaikan informasi, pasti sudah sangat akrab dengan presentasi. Namun, untuk speakers yang masih asing dengan istilah presentasi, Speak Project mau ajak kenalan seputar presentasi. 

Pengertian Presentasi

Ada pepatah, tak kenal maka tak sayang. Mengawali perkenalan dengan presentasi, perlu diketahui dulu nih apa itu presentasi. Kalo merujuk ke KBBI, kata presentasi itu sendiri salah satunya diartikan dengan pengucapan pidato, sedangkan arti mempresentasikan adalah menyajikan, mengemukakan (dalam diskusi dan sebagainya). Dari pengertian itu, dapat disimpulkan bahwa presentasi merupakan suatu kegiatan berbicara di depan forum atau audiens dalam rangka menyampaikan informasi atau gagasan untuk memperoleh pemahaman atau kesepakatan bersama. Biasanya, presentasi ini dilakukan dalam kegiatan bisnis atau riset. 

Jadi, presentasi ini adalah kegiatannya. Sedangkan orang yang melakukan presentasi biasanya disebut presentator atau presenter dan orang yang mendengarkan atau menghadiri presentasi biasanya disebut audiens. Dalam menyampaikan presentasi ini diperlukan media presentasi yang bisa dalam beberapa bentuk, mulai dari teks, audio, gambar, video, tabel, atau kombinasi. 

Baca artikel lainnya: Panduan Lengkap Presentasi Bagi Pemula

 

Tujuan dan Manfaat Presentasi

Tentu saja, presentasi ini memiliki tujuan dan manfaatnya. Menurut Djoko Purwanto (2003:247), seorang penulis buku dalam bidang komunikasi bisnis, presentasi memiliki empat tujuan pokok, yaitu menginformasikan pesan-pesan bisnis kepada audiens, menghibur audiens, menyentuh emosi audiens, dan memberikan motivasi audiens untuk bertindak terhadap sesuatu.  

Beberapa ahli lain juga menyebutkan tujuan presentasi, seperti Erwin Sutomo (2007:1) yang menjelaskan tujuan presentasi adalah menyampaikan dan mengomunikasikan ide serta informasi oleh seorang pembicara kepada sekelompok audiens. Kemudian menurut Titik Triwidodo dan Djoko Kristanto (2004:157) tujuan presentasi adalah suatu bentuk laporan lisan mengenai suatu fakta tertentu kepada komunikan. Sedangkan Terra C. Triwahyuni dan Abdul Kadir (2004:1) berpendapat bahwa presentasi adalah kegiatan yang penting dalam mengomunikasikan suatu gagasan kepada orang lain dengan berbagai tujuan, misalnya untuk menarik audiensi agar membeli produk, menggunakan jasa, atau untuk kepentingan orang lain. 

 

Ciri-Ciri Presentasi yang Baik

Nah, untuk bisa mencapai tujuan, presentasi harus disampaikan dengan baik dan benar. Seperti apa sih ciri-ciri presentasi yang baik itu speakers? Yuk, simak rangkumannya!

1. Penyampaian dengan semangat dan siap mental

Untuk menyampaikan presentasi yang efektif, presenter perlu mengatur dan menyesuaikan kadar semangat, tidak terlalu monoton dan juga tidak terlalu menggebu-gebu karena akan mempengaruhi kesan terhadap audiens. Presenter juga perlu menyiapkan sikap mental yang kuat agar tidak merusak konsentrasi.

2. Kejelasan berbicara di depan audiens

Dalam memastikan kejelasan suara pembicara di depan audiens, perlu diperhatikan alat yang disesuaikan dengan kondisi ruangan agar suara tidak terdengar samar-samar atau terlalu keras. Penggunaan bantuan pengeras suara sebaiknya disiapkan lebih dulu sebelum presentasi dimulai.

3. Presentasi disajikan secara sistematis

Penyajian presentasi yang sistematis akan mempengaruhi konsentrasi sehingga membuat dampak baik terhadap pemahaman audiens.

4. Memberi argumen yang dapat diterima

Dalam menyampaikan argumen, usahakan memberikan argumen yang bisa diterima oleh audiens dan tidak bersifat ambigu. Argumen biasanya disampaikan pada sesi tanya jawab.

5. Slide dapat terbaca dan menarik

Slide yang terbaca atau slide menarik harus sesuai dan bervariasi. Ilustrasi tiap slide juga harus relevan dengan topik yang disampaikan. Selain itu pemilihan ukuran dan jenis huruf menjadi hal yang perlu diperhatikan. Pilihlah ukuran huruf yang sesuai dengan tujuan penyampaian, sebagai contoh ukuran huruf untuk judul dan isi konten perlu dibedakan, untuk judul pilih ukuran yang lebih besar. Selain itu, penyesuaian komposisi warna juga menjadi hal penting untuk speakers pertimbangkan. Pilihlah warna background dan warna huruf yang kontras agar jelas terbaca. 

slide presentasi
contoh slide presentasi

Baca juga ini: Mau Jadi MC Andal? Simak Hal yang Perlu Kamu Miliki

6. Kontak mata dengan audiens

Saat berbicara dengan audiens, agar penyampaian presentasi tidak berdampak buruk, maka kontak mata perlu disesuaikan dengan seluruh audiens. Jangan hanya melihat ke satu arah audiens saja, usahakan buat kontak mata yang menjangkau seluruh audiens agar audiens merasa terlibat dan terkoneksi.

7. Melakukan gerak berbicara

Ada kalanya presenter perlu melakukan gerakan tertentu saat berbicara. Presentasi yang terlalu kaku bisa saja terlihat membosankan. Namun, gerakan juga perlu disesuaikan ya speakers, gerakan yang terlalu hiperaktif juga bisa saja menimbulkan kesan yang tidak baik dari audiens.

8. Penggunaan pakaian yang serasi

Ketika melakukan presentasi, speakers perlu menjaga tampilan kewibawaan agar menumbuhkan kepercayaan dari audiens terhadap presenter. Pakailah pakaian yang sesuai dengan kondisi, bila presentasi untuk tujuan bisnis maka speakers perlu menggunakan pakaian formal.

9. Memiliki sesi tanya jawab

Sesi tanya jawab ini cukup penting dalam presentasi karena bisa menjadi media kritik dan saran dari audiens, serta menjadi komunikasi aktif antara presenter dan audiens. Dengan memiliki komunikasi yang aktif, maka presentasi speakers akan lebih hidup.

10. Disampaikan secara tepat waktu

Presenter harus memperhatikan kondisi audiens.Jika presentasi terlalu singkat biasanya akan terkesan kurang baik karena materi yang disampaikan bisa saja belum dipahami oleh audiens. Namun, presentasi yang terlalu lama juga akan membuat audiens merasa bosan.

Baca artikel lainnya: Apa itu MC (Master of Ceremony) dan Tips Menjadi MC Bagi Pemula

Menjadi pembicara yang baik tentu tidak bisa dicapai secara instan, perlu belajar dan berlatih. Kini speakers gak perlu khawatir lagi mencari tempat belajar untuk mengasah kemampuan public speaking. Siapa saja memiliki posibilitas untuk bisa mewujudkan impian menjadi pembicara handal. Speak Project merupakan sebuah tempat kursus atau akademi yang fokus pada pengembangan skill di bidang komunikasi dan digital. Konsep kegiatan pembelajaran di Speak Project juga beragam, mulai dari kegiatan berupa pelatihan seminar, workshop, hingga kelas privat. Selain itu, Speak Project juga menjunjung fleksibilitas sehingga kegiatan belajar bisa diikuti baik model kelas berupa kelas luring (offline) maupun kelas daring (online). Kelas online akan menggunakan video pembelajaran yang bisa diakses semua peserta kelas kapan pun. Jadi, peserta pembelajaran bisa mengulang lagi bila ada materi yang belum dipahami.

Selama perjalanannya, Speak Project telah banyak mencetak alumni dan sebagian dari mereka ada yang berprofesi sebagai MC, Public Relations, Marcomm, Sales, Digital Strategist, hingga pengusaha. Saat ini Speak Project memiliki program yang terbagi menjadi beberapa kelas, yaitu Kelas Komunikasi, Kelas Komunikasi Bisnis, dan Kelas Komunikasi Digital. Buat speakers yang tertarik ingin belajar lebih dalam untuk bisa menjadi MC, klik di sini untuk lihat informasi lebih lanjut.

Leave a Comment