Cara Meningkatkan Skill Public Speaking Untuk Karir dan Bisnis

Salah satu keuntungan hidup di era digitalisasi ini adalah kemudahan mengakses informasi. Saat lagi bingung tentang sesuatu, bisa langsung cari di Google. Meskipun, kemudahan dan kesulitan itu biasanya beriringan. Kemudahan mengakses informasi beriringan dengan kesulitan menemukan informasi yang valid karena segala jenis informasi tersedia. Begitu  juga dengan metode atau cara meningkatkan skill tertentu yang bisa bermanfaat untuk karir dan bisnis. Melalui internet, ada banyak banget cara yang bisa dijadikan referensi untuk meningkatkan skill, seperti skill public speaking. Secara garis besar, public speaking merupakan kemampuan untuk berkomunikasi di depan umum. 

Baca artikel lainnya: Pentingnya Kemampuan Public Speaking Untuk Perkembangan Karir

 

Kemampuan public speaking menjadi hal yang penting untuk mengembangkan diri dalam dunia karir dan bisnis. Kenapa? Dalam dunia karir dan bisnis, memperluas jaringan merupakan sesuatu yang perlu atau bahkan butuh dilakukan.Karena memperluas jaringan sama halnya dengan memperluas peluang mendapatkan kesempatan kerja sama. Skill public speaking akan sangat bermanfaat untuk digunakan saat akan presentasi atau diskusi dengan klien. Speakers, kemampuan public speaking itu bisa banget diasah, jadi kalo masih merasa masih minim skill public speakingnya, ada beberapa cara untuk bisa meningkatkannya. Here we go.

 

  • Know your audience

Ada yang bilang tak kenal maka tak sayang. Bukan cuma soal pasangan kekasih, antara pembicara dan audiens juga perlu perkenalan supaya bisa menumbuhkan rasa percaya. Jika audiens sudah percaya pada pembicara, maka kata-kata dari pembicara akan lebih mudah dipahami. Selain itu, mengenal audiens akan membantumu memilih cara yang tepat dalam menyampaikan informasi. Misalnya saat menjadi pembicara di acara seminar korporasi tapi menggunakan gaya bicara yang santai dan sambil bermain, kemungkinan besar kamu akan dianggap tidak sopan. Sebaliknya, jika menjadi pembicara untuk acara anak SD tapi menggunakan jurnal penelitian juga akan terkesan membosankan bagi mereka. 

 

  • Sebelum Tampil, Kuasai Materi

Menguasai materi ini jadi salah satu tolok ukur seberapa profesional seorang pembicara. Bayangkan bila pembicara menyampaikan materinya tapi full baca selama acara. Bisa dipastikan audiens akan merasa bosan, karena kalau hanya baca, audiens akan berpikir ia pun bisa membacanya sendiri. Pembicara yang menguasai materinya akan terlihat lebih fleksibel karena bisa improvisasi.

Baca artikel lainnya: Yuk Belajar Public Speaking, Biar Lancar Ngomong Saat Presentasi

 

  • Jangan Terlalu Kaku, Selipin Sedikit Humor

Entah untuk acara yang audiensnya anak-anak maupun orang dewasa, menyelipkan sedikit humor bukanlah suatu dosa. Bahkan bisa membantumu mencairkan suasana. Tapi, yang perlu diperhatikan adalah pemilihan cara penyampaian humor itu harus dipikirkan terlebih dulu. Ingat poin pertama, kenali audiens dulu. Karena, gak jarang humor yang disampaikan bisa jadi membuat seseorang tersinggung. Jadi, penting untuk riset audiens dan pilih jenis humor yang cocok. Gak perlu membuat humor terlalu banyak, kecuali kamu memang sedang stand up comedy. 

 

  • Coba Pakai Alat Bantu

Meski telah berupaya menguasai materi, membuat semacam catatan kecil juga bisa jadi pilihan. Catatan ini bisa memuat poin-poin materi supaya saat menyampaikan informasi bisa tetap relevan dan menghindari pembicaraan yang melebar kemana-mana. Karena gak bisa memprediksi apa yang akan terjadi, ada baiknya menyiapkan ‘amunisi’ tambahan supaya tetap berjalan lancar. Selain sebagai ringkasan poin besar materi, catatan kecil ini juga bisa digunakan menuliskan kata kunci yang ditanyakan audiens saat sesi tanya jawab misalnya. Sehingga, jawaban yang disampaikan bisa sistematis, jelas, dan tepat sasaran.

 

  • “Practice Makes Perfect’ is real

Pernah dengar istilah “practice makes perfect” ? Biasanya suka ada tuh di bagian bawah buku tulis. Tapi kalo dipikir-pikir, ada benarnya juga. Latihan itu akan membuat sesuatu jadi lebih baik. Gak perlu muluk untuk tampil sempurna, apalagi bagi pemula, melakukan kesalahan kecil bukan akhir dari segalanya. Kemampuan public speaking juga perlu dilatih, semakin banyak berlatih tentu akan semakin terlihat peningkatannya. Latihan public speaking bisa dilakukan dengan berbagai cara, bisa dengan mencoba latihan depan cermin, maupun dengan cara direkam lalu didengarkan lagi supaya bisa dievaluasi sendiri. Berlatih juga bisa coba minta bantuan teman agar bisa dimintai tanggapan sebagai bahan evaluasi. Misalnya, speakers diminta melakukan presentasi oleh atasan untuk rapat dengan klien minggu depan. Gak perlu panik, berlatihlah hingga kamu menguasai materi dan tentunya menguasai dirimu.

Menjadi pembicara yang baik tentu tidak bisa dicapai secara instan, perlu belajar dan berlatih. Kini speakers gak perlu khawatir lagi mencari tempat belajar untuk mengasah kemampuan public speaking. Siapa saja memiliki posibilitas untuk bisa mewujudkan impian menjadi pembicara handal. Speak Project merupakan sebuah tempat kursus atau akademi yang fokus pada pengembangan skill di bidang komunikasi dan digital. Konsep kegiatan pembelajaran di Speak Project juga beragam, mulai dari kegiatan berupa pelatihan seminar, workshop, hingga kelas privat. Selain itu, Speak Project juga menjunjung fleksibilitas sehingga kegiatan belajar bisa diikuti baik model kelas berupa kelas luring (offline) maupun kelas daring (online). Kelas online akan menggunakan video pembelajaran yang bisa diakses semua peserta kelas kapan pun. Jadi, peserta pembelajaran bisa mengulang lagi bila ada materi yang belum dipahami. Kelas public speaking bareng Speak Project juga bisa dilakuin bareng rekan kerja loh. Jadi makin seru deh belajarnya.

Selama perjalanannya, Speak Project telah banyak mencetak alumni dan sebagian dari mereka ada yang berprofesi sebagai MC, Public Relations, Marcomm, Sales, Digital Strategist, hingga pengusaha. Saat ini Speak Project memiliki program yang terbagi menjadi beberapa kelas, yaitu Kelas Komunikasi, Kelas Komunikasi Bisnis, dan Kelas Komunikasi Digital. Buat speakers yang tertarik ingin belajar lebih dalam untuk bisa menjadi MC, klik di sini untuk lihat informasi lebih lanjut.

 

1 thought on “Cara Meningkatkan Skill Public Speaking Untuk Karir dan Bisnis”

Leave a Comment