Belajar Memaksimalkan Potensi Media Sosial Sebagai Wadah Usaha Untuk Menjadi Pedagang Melalui Internet

Deskripsi Pelatihan

Pelatihan ini membahas tentang bagaimana menjadi Pedagang Melalui Intenet dengan memaksimalkan media sosial sebagai wadah usaha. Yang akan dipelajari dalam pelatihan ini mulai dari pola pikir sebagai seorang pedagang, mengetaui survey mengenai tingginya angka penggunaan Internet di Indonesia, mengetahui tipe – tipe pedagang, cara Mempromosikan barang dan jasa melalui Internet, mengerti cara memilih produk yang laku di pasaran, mengerti cara menentukan target pasar, memaksimalkan media sosial sebagai sarana promosi dan jualan, mencari supplier yang cocok, menciptakan minat terhadap barang dan jasa, membuat perjanjian penjualan, menyediakan perangkat informasi dan brosur kepada pelanggan, mengatur proses dan pengiriman barang dan jasa dan menyampaikan laporan kegiatan penjualan melalui internet. Peluang menjadi Pedagang Melalui Internet sangatlah besar, mengingat di era sekarang hampir seluruh transaksi serta kegiatan menggunakan Internet.

Tujuan Umum

Peserta mampu menentukan produk yang akan dijual melalui internet untuk memenuhi kebutuhan pelanggan minimal 1 produk dengan memaksimalkan media sosial sebagai wadah usaha.

Tujuan Khusus
  1. Peserta mampu memahami permintaan pasar (Pengetahuan)
  2. Peserta mampu memahami pola pikir serta sikap seorang penjual (sikap)
  3. Peserta mampu mengetahui produk yang akan dijual (Pengetahuan, sikap)
  4. Peserta mampu memanfaatkan serta memaksimalkan potensi media sosial sebagai wadah usaha (Keterampilan)
  5. Peserta mampu menganalisa dan menentukan target pasar (Keterampilan)
  6. Peserta mampu menentukan supplier untuk memenuhi permintaan pasar (Keterampilan)
  7. Peserta mampu mengatur proses dan pengiriman produk (Keterampilan)
  8. Peserta mampu mempromosikan produk melalui internet (Keterampilan)
Kelompok Sasaran/Syarat & Prasyarat/T&C

Umum dan pelajar dengan prasyarat :

    1. Peserta memiliki gawai dengan kuota internet yang mumpuni
    2. Peserta wajib install aplikasi zoom, telegram
    3. Peserta memiliki email aktif yang dapat dihubungi
    4. Peserta memilki WhatsApp aktif yang dapat dihubungi
    5. Peserta memiliki minimal akun Instagram & Facebook
    6. Peserta tidak gaptek dengan media sosial yang ada di Indonesia saat ini
    7. Memiliki ketertarikan untuk menjadi pedagang melalui internet
    8. Peserta setidaknya pernah mempunyai pengalaman berjualan melalui internet
    9. Peserta tidak dapat membatalkan kelas, namun bisa ikut di kelas berikutnya
    10. Peserta wajib hadir diseluruh sesi
    11. Peserta wajib mengerjakan Pretest sebelum mengikuti live webinar
    12. Peserta wajib mengerjakan Posttest setelah mengikuti live webinar
    13. Peserta wajib mengerjakan tugas yang diberikan setelah selesai kelas
Silabus/gambaran materi (judul materi dan aktivitas yang akan dilakukan)

Sesi 1 : Pola pikir serta sikap seorang pedagang dan perencanaan untuk menjadi seorang Pedagang Melalui Internet

Materi yang dipelajari :

  • Pola pikir dan sikap seorang penjual
  • Alasan memilih internet sebagai sarana jual beli
  • Mengetahui arti Reseller dan tipe – tipenya
  • Memilih produk yang laku di pasaran
  • Cara mencari produk yang laku di pasaran
  • Mengetahui arti target pasar
  • Menentukan target pasar
  • Manfaat mengetahui target pasar
  • Menentukan media sosial untuk berjualan
  • Studi kasus

 

Sesi 2 : Memaksimalkan potensi media sosial sebagai wadah usaha dengan membangun minat pelanggan, promosi serta memproses produk untuk dikemas dan dikirim

Materi yang dipelajari :

  • Keuntungan menjadi Reseller
  • Kelebihan dan kekurangan berjualan konvensional dan online
  • Berjualan melalui media sosial
  • Membangun minat pelanggan
  • Mempromosikan produk melalui media sosial
  • Packing barang untuk pengiriman yang aman dan cepat
  • Memilih jasa pengiriman barang
Aspek kompetensi/Output kompetensi

Aspek Pengetahuan

Kompetensi/Tujuan Pembelajaran: Pengetahuan tentang bagaimana pola pikir dan juga sikap sebagai seorang penjual, mengetahui produk apa yang akan dijual, mengetahui pengertian reseller serta tipe – tipenya sebaga tolak ukur mau memilih sebagai penjual yang seperti apa, mengetahui kelebihan dan kekurangan berjualan secara konvensional ataupun melalui internet.

  1. Memahami Permintaan Pasar
    • Materi:
    • Mengetahui pengertian Reseller serta tipe – tipenya
    • Memilih produk yang laku di pasaran
    • Alasan memilih Internet sebagai sarana jual beli
  2. Mengetahui Keuntungan menjadi Reseller
    • Materi:
    • Keuntungan menjadi Reseller
  3. Mengetahui kelebihan dan kekurangan berjualan secara konvensional dan online
    • Materi:
    • Kelebihan dan kekurangan jualan konvensional dan online
  4. Manfaat mengetahui target pasar
    • Materi:
    • Manfaat mengetahui target pasar

 

Aspek Keterampilan

Kompetensi/Tujuan Pembelajaran: Mampu memanfaatkan dan memaksimalkan potensi media sosial sebagia wadah usaha, mempu menganalisa dan menentukan target pasar, mampu menentukan supplier untuk memebuhi permintaan pasar, mampu mengatur proses dan pengiriman produk, mampu mempromosikan produk melalui internet.

  1. Memanfaatkan dan memaksimalkan potensi media sosial sebagai wadah usaha
    • Materi:
    • Menentukan media sosial untuk berjualan
  2. Menganalisa dan menentukan target pasar
    • Materi:
    • Mengetahui arti Target Pasar
    • Menentukan Target Pasar
  3. Menentukan supplier untuk memenuhi permintaan pasar
    • Materi:
    • Cara mencari produk yang laku di pasaran
    • Berjualan melalui media sosial
  4. Mampu mengatur proses dan pengiriman produk
    • Materi:
    • Packing barang untuk pengiriman yang aman dan cepat
    • Memilih Jasa pengiriman barang
  5. Mampu mempromosikan produk melalui internet
    • Materi:
    • Mempromosikan produk melalui media sosial

Aspek Sikap

Kompetensi/Tujuan Pembelajaran: Sikap yang harus dimiliki sebagai seorang pedagang

  1. Memiliki Pola pikir dan sikap seorang penjual
    • Materi:
    • Pola pikir dan sikap seorang penjual
    • Membangun minat pelanggan

Mentor : Rini Yunita (Miss Riri)

Rini Yunita Khusuharyanti, S.Kom / MISS RIRI merupakan Chief Operationg Officer di Speak Project sejak Januari 2021. Selain itu juga Miss Riri memiliki pengalaman berdagang mulai dari tahun 2007 saat masih di SMA. Saat tahun 2012, Miss Riri berhasil menjadi juara 1 Progam Wirausaha Muda Baru yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia Regional V. Selain itu pada tahun 2018 berhasil mendapatkan dana hibah dari Kemenpora pada Progam Penumbuhan Minat Kewirausahaan di Kalangan Pemuda yang diselenggarakan oleh Kementrian Pemuda dan Olahraga. diikutsertakan sebagai tim seleksi Program Kuliah Kewirausahaan tahun 2019, dan menjadi tim seleksi serta narasumber pada Program Kuliah Kewirausahaan Pemuda tahun 2020, yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga, di Universitas Pancasila, Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jakarta, dan Universitas Sebelas Maret

Durasi detil dan Total Durasi :

Akan ada 2 sesi penyampaian materi dengan masing-masing 3 jam (total durasi 6 jam).

Sesi 1 (Total 3 Jam)

  • Opening & Perkenalan : 5 menit
  • Materi : 120 menit
  • Tanya Jawab : 45 menit
  • Kesimpuan : 10 Menit

Sesi 2 (Total 3 Jam)

  • Opening & Perkenalan : 5 menit
  • Materi : 120 menit
  • Tanya Jawab : 45 menit
  • Kesimpuan : 10 Menit

Metode Ajar : Webinar (Ceramah,Demontrasi, Tanya Jawab)

Jadwal Sesi Konseling

  • Rabu, 16.00 – 17.00 WIB bersama Rini Yunita Khusuharyanti, S.Kom
  •  

HARGA   : Rp. 539.000

Mulai Belajar Sekarang Juga

Ayo #PerkayaSkill kamu dengan mengikuti pelatihan di Speak Project sekarang juga.

Daftar Course
Send a Message