Belajar Teknik Penulisan Untuk Menjadi Spesialis Periklanan di Media Digital (Webinar)

Deskripsi Pelatihan

Memberikan pemahaman secara mendasar atas definisi dan esensi copywriting sebagai karya penulisan yang berorientasi pada penjualan suatu produk. Menjelaskan perbedaan antara tulisan konten lainnya dengan tulisan iklan (copywriting, berikut dengan masing-masing fungsi dan opsi-opsi formulasi yang dapat diadaptasikan oleh peserta. Memberikan penjelasan tentang bagaiman menulis iklan di media digital, dan memberikan contoh-contoh relevan tulisan iklan di setiap media digital yang ada, berikut dengan prinsip, teori, dan cara penyusunannya. Memahami konsep dan pola pikir strategis dengan Creative Thinking, memberikan pemahaman definisi Creative Thinking dan relevansinya dengan Copywriting. Mengimplementasikan Creative Thinking pada penulisan iklan di media digital, beserta contoh-contohnya.

Tujuan Umum

Peserta mampu menuangkan ide kreatif dalam bentuk tulisan iklan (copywriting) di semua media digital

Tujuan Khusus

Pengetahuan: Peserta mampu mendefinisikan pemahaman mendasar tentang copywriting

Sikap: Peserta mampu memahami fungsi copywriting dan mengaplikasikannya di media digital sesuai formula dan target pelanggan suatu produk, memiliki sikap jujur dalam penerapan ide kreatif pada copywriting

Pengetahuan & Sikap: Peserta mampu mengklasifikasikan saluran media digital mana yang akan digunakan & jenis copywriting seperti apa yang akan diaplikasikan

Keterampilan: Peserta mampu memahami tentang creative thinking sebagai syarat mencapai copywriting yang efektif dan kreatif

Kelompok Sasaran/Syarat & Prasyarat/T&C

Umum & pelajar; dengan pra syarat:

  • Peserta perlu memiliki laptop & smartphone
  • Peserta perlu install aplikasi Facebook, Instagram, YouTube, TikTok, dan Canva di smartphone (atau dapat membukanya melalui browser di laptop)
Silabus/ Gambaran Materi (judul materi dan aktivitas yang akan dilakukan)

Sesi 1: Teknik & Formulasi Penulisan Iklan di Media Digital

Materi yang dipelajari:

  • Definisi dan pemahaman umum dari copywriting
    Perbedaan tentang penulisan konten & penulisan iklan
    Memahami secara mendasar fungsi & tujuan dari copywriting
    Mengetahui tentang copywriting untuk berjualan
    Formulasi penyusunan copywriting yang tepat
    Menggunakan copywriting dengan efektif
    Memahami urutan keputusan pelanggan, setelah membaca sebuah penulisan iklan
    Aturan-aturan baku dalam membuat copywriting
    Mengimplementasikan sebuah penulisan iklan ke dalam platform digital
    Perbedaan penulisan iklan di platform digital & konvensional
    Jenis-jenis platfrom digital sebagai sarana pengiklanan

 

Sesi 2: Proses Berpikir Kreatif dalam Menulis Iklan di Platform Digital

Materi yang dipelajari:

  • Definisi dan pemahaman mendasar tentang proses berpikir kreatif (creative thinking)
  • Contoh-contoh pengimplementasian creative thinking dalam media iklan
  • Relevansi creative thinking dengan copywriting
    Mewujudkan inovasi dalam creative thinking
  • Macam-macam bentuk inovasi dalam creative thinking
    Perspektif proses berpikir kreatif dalam penulisan iklan
  • Mengasah kreativitas dalam copywriting
Kelompok Sasaran/Syarat & Prasyarat/T&C

Aspek kompetensi/Output kompetensi

Aspek: Pengetahuan

Kompetensi/Tujuan Pembelajaran: Memahami secara mendasar fungsi dan tujuan copywriting, teori-teori yang diperkenankan, dan variasi formula yang akan digunakan. Lalu, mengaplikasikannya ke dalam saluran media digital, yang berorientasi pada penjualan terhadap suatu produk.

  1. Materi Bab 1: Memahami definisi dan esensi copywriting perbedaan copywriting dan content writing tujuan mendasar dari copywriting
  2. Materi Bab 2: Mengetahui fungsi-fungsi copywriting terhadap penjualan – variasi formula copywriting untuk tercapainya copywriting yang efektif
  3. Materi Bab 3: Memahami target pembaca (pelanggan) – mengubah persepsi keputusan pembelian pelanggan – tulisan iklan yang dapat mempengaruhi calon pelanggan (seductive)
  4. Materi Bab 4: Implementasi copywriting di media digital – jenis-jenis media digital untuk copywriting – susunan (struktur) tulisan di setiap masing-masing media digital

Aspek Keterampilan

Kompetensi/Tujuan Pembelajaran: Menciptakan peluang, ide yang tidak biasa, dan proses berpikir yang struktural melalui creative thinking, sebagai syarat sekaligus fasilitas tercapainya copywriting yang efektif dan tepat sasaran.

  1. Materi Bab 5: Memahami secara mendasar proses creative thinking – contoh-contoh creative thinking – relevansi copywriting dengan creative thinking
  2. Materi Bab 6: Mengimplementasi proses creative thinking pada copywriting – mengasah creative thinking

 Aspek Sikap

Kompetensi/Tujuan Pembelajaran : Proses creative thinking

  1. Materi bab 7: Berinovasi melalui creative thinking – macam-macam inovasi           creative thinking dalam konteks copywriting – Memiliki sikap jujur dalam penerapan ide kreatif pada copywriting
  • Mentor : Ricky Dwi Apriadi, S.E., M.M.

Ricky Dwi Apriadi, S.E., M.M. sudah lebih dari 5 tahun terlibat di dalam industri kreatif, baik di dalam multinational company maupun local company. Mulai dari Content Specialist, Social Media, hingga Digital Strategic Planner pernah dilaluinya. Sementara, 2 tahun berpengalaman sebagai tenaga pengajar lepas, khususnya bidang pemasaran digital. Beberapa kali juga terlibat dalam penanganan bisnis kecil dan menengah (UMKM) sebagai konsultan pemasaran, hingga sekarang. Beberapa klien yang pernah terlibat dalam projek, diantaranya: BMW Indonesia, Pizza Hut Indonesa, Fair & Lovely, SGM Bunda, Glints Indonesia, Zilingo, dan masih banyak merek UMKM lainnya.

Durasi detil dan Total Durasi :

Akan ada 2 sesi penyampaian materi dengan masing-masing 3 jam (total durasi 6 jam)

Sesi 1 Total 3 Jam

  • Opening & perkenalan: 5 menit
  • Pemberian materi: 120 menit
  • Tanya Jawab : 45 menit
  • Kesimpulan materi: 10 menit

Sesi 2 Total 3 Jam

  • Opening & perkenalan: 5 menit
  • Pemberian materi: 120 menit
  • Tanya Jawab : 45 menit
  • Kesimpulan materi: 10 menit

Metode Ajar : Webinar (Ceramah, Tanya Jawab)

Jadwal Sesi Konseling (min. 1 jam setiap minggu) 

  • Jum’at, pukul 20.00-21.00 WIB bersama Ricky Dwi Apriadi, S.E., M.

HARGA   : Rp. 529.000

Mulai Belajar Sekarang Juga

Ayo #PerkayaSkill kamu dengan mengikuti pelatihan di Speak Project sekarang juga.

Daftar Course