Belajar Teknik Penulisan Untuk Menjadi Spesialis Periklanan di Media Digital (Webinar)
Deskripsi Pelatihan
Memberikan pemahaman secara mendasar atas definisi dan esensi copywriting sebagai karya penulisan yang berorientasi pada penjualan suatu produk. Menjelaskan perbedaan antara tulisan konten lainnya dengan tulisan iklan (copywriting, berikut dengan masing-masing fungsi dan opsi-opsi formulasi yang dapat diadaptasikan oleh peserta. Memberikan penjelasan tentang bagaiman menulis iklan di media digital, dan memberikan contoh-contoh relevan tulisan iklan di setiap media digital yang ada, berikut dengan prinsip, teori, dan cara penyusunannya. Memahami konsep dan pola pikir strategis dengan Creative Thinking, memberikan pemahaman definisi Creative Thinking dan relevansinya dengan Copywriting. Mengimplementasikan Creative Thinking pada penulisan iklan di media digital, beserta contoh-contohnya.
Tujuan Umum
Peserta mampu menuangkan ide kreatif dalam bentuk tulisan iklan (copywriting) di semua media digital
Tujuan Khusus
Pengetahuan: Peserta mampu mendefinisikan pemahaman mendasar tentang copywriting
Sikap: Peserta mampu memahami fungsi copywriting dan mengaplikasikannya di media digital sesuai formula dan target pelanggan suatu produk, memiliki sikap jujur dalam penerapan ide kreatif pada copywriting
Pengetahuan & Sikap: Peserta mampu mengklasifikasikan saluran media digital mana yang akan digunakan & jenis copywriting seperti apa yang akan diaplikasikan
Keterampilan: Peserta mampu memahami tentang creative thinking sebagai syarat mencapai copywriting yang efektif dan kreatif
Kelompok Sasaran/Syarat & Prasyarat/T&C
Umum & pelajar; dengan pra syarat:
- Peserta perlu memiliki laptop & smartphone
- Peserta perlu install aplikasi Facebook, Instagram, YouTube, TikTok, dan Canva di smartphone (atau dapat membukanya melalui browser di laptop)
Silabus/ Gambaran Materi (judul materi dan aktivitas yang akan dilakukan)
Sesi 1: Teknik & Formulasi Penulisan Iklan di Media Digital
Materi yang dipelajari:
- Definisi dan pemahaman umum dari copywriting
Perbedaan tentang penulisan konten & penulisan iklan
Memahami secara mendasar fungsi & tujuan dari copywriting
Mengetahui tentang copywriting untuk berjualan
Formulasi penyusunan copywriting yang tepat
Menggunakan copywriting dengan efektif
Memahami urutan keputusan pelanggan, setelah membaca sebuah penulisan iklan
Aturan-aturan baku dalam membuat copywriting
Mengimplementasikan sebuah penulisan iklan ke dalam platform digital
Perbedaan penulisan iklan di platform digital & konvensional
Jenis-jenis platfrom digital sebagai sarana pengiklanan
Sesi 2: Proses Berpikir Kreatif dalam Menulis Iklan di Platform Digital
Materi yang dipelajari:
- Definisi dan pemahaman mendasar tentang proses berpikir kreatif (creative thinking)
- Contoh-contoh pengimplementasian creative thinking dalam media iklan
- Relevansi creative thinking dengan copywriting
Mewujudkan inovasi dalam creative thinking - Macam-macam bentuk inovasi dalam creative thinking
Perspektif proses berpikir kreatif dalam penulisan iklan - Mengasah kreativitas dalam copywriting
Kelompok Sasaran/Syarat & Prasyarat/T&C
Aspek kompetensi/Output kompetensi
Aspek: Pengetahuan
Kompetensi/Tujuan Pembelajaran: Memahami secara mendasar fungsi dan tujuan copywriting, teori-teori yang diperkenankan, dan variasi formula yang akan digunakan. Lalu, mengaplikasikannya ke dalam saluran media digital, yang berorientasi pada penjualan terhadap suatu produk.
- Materi Bab 1: Memahami definisi dan esensi copywriting perbedaan copywriting dan content writing tujuan mendasar dari copywriting
- Materi Bab 2: Mengetahui fungsi-fungsi copywriting terhadap penjualan – variasi formula copywriting untuk tercapainya copywriting yang efektif
- Materi Bab 3: Memahami target pembaca (pelanggan) – mengubah persepsi keputusan pembelian pelanggan – tulisan iklan yang dapat mempengaruhi calon pelanggan (seductive)
- Materi Bab 4: Implementasi copywriting di media digital – jenis-jenis media digital untuk copywriting – susunan (struktur) tulisan di setiap masing-masing media digital
Aspek Keterampilan
Kompetensi/Tujuan Pembelajaran: Menciptakan peluang, ide yang tidak biasa, dan proses berpikir yang struktural melalui creative thinking, sebagai syarat sekaligus fasilitas tercapainya copywriting yang efektif dan tepat sasaran.
- Materi Bab 5: Memahami secara mendasar proses creative thinking – contoh-contoh creative thinking – relevansi copywriting dengan creative thinking
- Materi Bab 6: Mengimplementasi proses creative thinking pada copywriting – mengasah creative thinking
Aspek Sikap
Kompetensi/Tujuan Pembelajaran : Proses creative thinking
- Materi bab 7: Berinovasi melalui creative thinking – macam-macam inovasi creative thinking dalam konteks copywriting – Memiliki sikap jujur dalam penerapan ide kreatif pada copywriting

- Mentor : Ricky Dwi Apriadi, S.E., M.M.
Ricky Dwi Apriadi, S.E., M.M. sudah lebih dari 5 tahun terlibat di dalam industri kreatif, baik di dalam multinational company maupun local company. Mulai dari Content Specialist, Social Media, hingga Digital Strategic Planner pernah dilaluinya. Sementara, 2 tahun berpengalaman sebagai tenaga pengajar lepas, khususnya bidang pemasaran digital. Beberapa kali juga terlibat dalam penanganan bisnis kecil dan menengah (UMKM) sebagai konsultan pemasaran, hingga sekarang. Beberapa klien yang pernah terlibat dalam projek, diantaranya: BMW Indonesia, Pizza Hut Indonesa, Fair & Lovely, SGM Bunda, Glints Indonesia, Zilingo, dan masih banyak merek UMKM lainnya.
Durasi detil dan Total Durasi :
Akan ada 2 sesi penyampaian materi dengan masing-masing 3 jam (total durasi 6 jam)
Sesi 1 Total 3 Jam
- Opening & perkenalan: 5 menit
- Pemberian materi: 120 menit
- Tanya Jawab : 45 menit
- Kesimpulan materi: 10 menit
Sesi 2 Total 3 Jam
- Opening & perkenalan: 5 menit
- Pemberian materi: 120 menit
- Tanya Jawab : 45 menit
- Kesimpulan materi: 10 menit
Metode Ajar : Webinar (Ceramah, Tanya Jawab)
Jadwal Sesi Konseling (min. 1 jam setiap minggu)
- Jum’at, pukul 20.00-21.00 WIB bersama Ricky Dwi Apriadi, S.E., M.
HARGA : Rp. 529.000
Mulai Belajar Sekarang Juga
Ayo #PerkayaSkill kamu dengan mengikuti pelatihan di Speak Project sekarang juga.
Daftar Course