Membangun Reputasi Perusahaan dan Kepercayaan Publik menggunakan Kemampuan Berbicara di depan Umum (Webinar)

Belajar Menjadi Profesional Pemasaran dan Negosiasi untuk Mendukung Pertumbuhan Bisnis (Webinar)

Deskripsi Pelatihan

Pelatihan ini ditujukan bagi peserta yang ingin melatih kemampuan komunikasi yang baik. Menjelaskan startegi berbicara di depan umum, melatih kemampuan komunikasi publik yang baik, mengetahui strategi dalam lobi dan negosiasi dan memahami manajemen isu dan opini publik.

Tujuan Umum

Peserta mampu menampilkan penguasaan minimal 70% terhadap teknik berbicara didepan umum pada saat praktek presentasi singkat

Tujuan Khusus

Pengetahuan: Peserta mampu memahami jenis-jenis komunikasi berdasarkan tujuan nya

Sikap: Peserta memiliki pola pikir sebagai seorang komunikator

Pengetahuan & Sikap: Peserta mampu mengetahui pola komunikasi apa yang tepat sesuai situasi dan tujuannya

Keterampilan: Peserta mampu menyampaikan indormasi kepada pihak tertuju secara efektif, Mmebangun reputasi perusahaan dan kepercayaan publik menggunkan kemampuan berbicara serta memahami manajemen isu dan opini publik

Kelompok Sasaran/Syarat & Prasyarat/T&C

Umum & pelajar; dengan prasyarat :
1. Usia 18 – 47
2. Minimal lulusan SMA/SMK sederajat
3. Peserta perlu memiliki laptop & smartphone
4. Peserta perlu memiliki jaringan internet yang stabil

Silabus/ Gambaran Materi (judul materi dan aktivitas yang akan dilakukan)

Materi yang akan diajarkan di Sesi 1 :
– Pentingnya komunikasi dalam hubungan masyarakat
– Komponen komunikas
– Tantangan dan hambatan dalam komunikasi
– Dampak komunikasi yang tidak efektif

Materi yang akan diajarkan di Sesi 2 :
– Definisi dan tujuan berbicara di depan umum
– Tipe-tipe berbicara di depan umum
– Tips & Trikberbicara di depan umum
– Teknik berbicara di depan umum untuk presentasi
– Teknik berbicara didepan umum untuk pembawa acara

Materi yang akan diajarkan di Sesi 3 :
– Tips menyampaikan informasi kepada masyarakat
– Cara menyampaikn informasi melalui media
– Cara menyampaikan informasi melalui sosialisasi
– Macam-macam kegiatan kehumasan

Materi yang akan diajarkan di Sesi 4 :
– Definisi dan perbedaan antara lobi dan negosiasi
– Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan lobi dan negosiasi
– Langkah-langkah dalam melakukan lobi dan negosiasi
– Memahami lawan bicara melalui Empathy Map Canvas

Materi yang akan diajarkan di Sesi 5 :
– Definisi isu dan opini publik
– Tahapan-tahapan manajemen isu dan opini publik
– Identifikasi jenis-jenis isu

Aspek Kompetensi/ Output Kompetensi

Aspek Pengetahuan (Kognisi) : Kompetensi/ Tujuan Pembelajaran: Pengetahuan tentang pentingnya komunikasi dalam hubungan masyarakat, Mengetahui cara berkomunikasi dengan baik, Mengenal dasar-dasar komunikasi, Mengetahui cara berbicara di depan umum, Mengetahui strategi lobi dan negosiasi, Mengenal tahapan manajemen isu dan opini publik.
1. Memahami dasar-dasar komunikasi
2. Memahami teknik berbicara di depan umum
3. Mengenal kemampuan komunikasi publik
4. Memahami strategi lobi dan negosiasi
5. Memahami manajemen isu dan opini publik

Aspek Kerja (Afeksi) : Kompetensi/Tujuan Pembelajaran: Memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan memiliki sikap sebagai komunikator yang baik
1. Memiliki pola pikir sebagai komunikator
2. Memiliki sikap sebagai pembicara
3. Memiliki sikap sebagai komunikator publik
4. Memiliki Pola Pikir sebagai seorang pelobi dan negosiator
5. Memiliki sikap sebagai seorang penengah konflik

Aspek Keterampilan (Psikomotor) : Kompetensi/Tujuan Pembelajaran: Mampu memiliki kemampuan komunikasi yang baik, mampu memiliki kemampuan untuk berbicara di depan umum, mampu melakukan strategi lobi dan negosiasi, mampu mengatur isu dan opini publik yang muncul.
1. Mampu menentukan jenis komunikasi sesuai tujuan
2. Mampu menyampaikan informasi di depan publik
3. Mampu memiliki kemampuan komunikasi publik
4. Mampu menganalisis situasi dan menentukan langkah yang tepat sebagai seorang pelobi dan negosiator
5. Mampu menganalisa strategi manajemen isu dan opini publik

Mentor : Sandika Dewi Rosalini

Sandika Dewi seorang pendiri sekaligus CEO Speak Project dan seorang MC Profesional sejak 2011, ia mengawali karirnya sebagai Penyiar Radio. Sandika kerap diberi kepercayaan untuk menjadi Pelatih/Pembicara di bidang Public Speaking, Personal Branding, Komunikasi dan Pelatihan MC di berbagai daerah. Klien yang pernah ia tangani: Perusahaan d’Besto, SMESCO UKM, Bank Muamalat, STAN, UI, BEKRAF, Kementerian Perindustrian, DPR RI, Kominfo, Citibank, Sisternet XL Axiata, MRT Jakarta, Puteri Indonesia Riau 2019, Miss Asia International dan lain-lain. Pencapaian pada tahun 2018 dianugerahi penghargaan sebagai Pemuda Inspiratif Nasional dari Kementerian Pemuda dan Olahraga dan dipercaya sebagai MC Asian GAMES 2018. Terakhir di tahun 2021 ia mendapatkan beasiswa di program Future Female Business School dari UK Indonesia Tech Hub.

Akan ada 5 sesi penyampaian materi dengan masing-masing 3 jam (total durasi 6 jam)

Sesi 1 (Total 3 Jam)
Opening & Perkenalan : 10 menit Materi : 120 menit Praktek : 30 menit Tanya Jawab : 15 menit Kesimpuan : 5 menit

Sesi 2 (Total 3 Jam)
Opening & Perkenalan : 10 menit Materi : 120 menit Praktek : 30 menit Tanya Jawab : 15 menit Kesimpuan : 5 menit

Sesi 3 (Total 3 Jam)
Opening & Perkenalan : 10 menit Materi : 120 menit Praktek : 30 menit Tanya Jawab : 15 menit Kesimpuan : 5 menit

Sesi 4 (Total 3 Jam)
Opening & Perkenalan : 10 menit Materi : 120 menit Praktek : 30 menit Tanya Jawab : 15 menit Kesimpuan : 5 menit

Sesi 5 (Total 3 Jam)
Opening & Perkenalan : 10 menit Materi : 120 menit Praktek : 30 menit Tanya Jawab : 15 menit Kesimpuan : 5 menit

Metode Ajar: Webinar (Ceramah, Tanya Jawab)

HARGA   : Rp 1.400.000

Mulai Belajar Sekarang Juga

Ayo #PerkayaSkill kamu dengan mengikuti pelatihan di Speak Project sekarang juga.

Daftar Course