Membangun Reputasi Perusahaan dan Kepercayaan Publik menggunakan Kemampuan Berbicara di depan Umum (Webinar)

Deskripsi Pelatihan

Pelatihan ini ditujukan bagi peserta yang ingin melatih kemampuan komunikasi yang baik. Menjelaskan strategi berbicara di depan umum, melatih kemampuan komunikasi publik yang baik, mengetahui strategi dalam lobi dan negosiasi dan memahami manajemen isu dan opini publik.

Tujuan Umum

Peserta mampu menampilkan penguasaan minimal 70% terhadap teknik berbicara di depan umum pada saat praktek presentasi singkat.

Tujuan Khusus
  1. Pengetahuan: Peserta mampu memahami jenis-jenis komunikasi berdasarkan tujuan nya
  2. Sikap: Peserta memiliki pola pikir sebagai seorang komunikator
  3. Pengetahuan & Sikap: Peserta mampu mengetahui pola komunikasi apa yang tepat sesuai situasi dan tujuannya
  4. Keterampilan: Peserta mampu menyampaikan informasi kepada pihak tertuju secara efektif, Membangun Reputasi Perusahaan dan Kepercayaan Publik menggunakan Kemampuan Berbicara serta Memahami manajemen isu dan opini publik
Kelompok Sasaran/Syarat & Prasyarat/T&C

Umum & pelajar; dengan prasyarat :

  1. Usia 18 – 47
  2. Minimal lulusan SMA/SMK sederajat
  3. Peserta perlu memiliki laptop & smartphone
  4. Peserta perlu memiliki jaringan internet yang stabil
Silabus/gambaran materi (judul materi dan aktivitas yang akan dilakukan)

Materi yang akan diajarkan di Sesi 1 :

  • Pentingnya komunikasi dalam hubungan masyarakat
  • Komponen komunikasi
  • Tantangan dan hambatan dalam komunikasi
  • Dampak komunikasi yang tidak efektif

Materi yang akan diajarkan di Sesi 2 :

  • Definisi dan tujuan berbicara di depan umum
  • Tipe-tipe berbicara di depan umum
  • Tips & Trikberbicara di depan umum
  • Teknik berbicara di depan umum untuk presentasi
  • Teknik berbicara didepan umum untuk pembawa acara

Materi yang akan diajarkan di Sesi 3 :

  • Tips menyampaikan informasi kepada masyarakat
  • Cara menyampaikn informasi melalui media
  • Cara menyampaikan informasi melalui sosialisasi
  • Macam-macam kegiatan kehumasan

Materi yang akan diajarkan di Sesi 4 :

  • Definisi dan perbedaan antara lobi dan negosiasi
  • Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan lobi dan negosiasi
  • Langkah-langkah dalam melakukan lobi dan negosiasi
  • Memahami lawan bicara melalui Empathy Map Canvas

Materi yang akan diajarkan di Sesi 5 :

  • Definisi isu dan opini publik
  • Thapan-tahapan manajemen isu dan opini publik
  • Identifikasi jenis-jenis isu
Aspek kompetensi/Output kompetensi

Aspek Pengetahuan

Kompetensi/Tujuan Pembelajaran: Pengetahuan tentang bagaimana pola pikir dan juga sikap sebagai seorang penjual, mengetahui produk apa yang akan dijual, mengetahui pengertian reseller serta tipe – tipenya sebaga tolak ukur mau memilih sebagai penjual yang seperti apa, mengetahui kelebihan dan kekurangan berjualan secara konvensional ataupun melalui internet.

  1. Memahami dasar-dasar komunikasi
  2. Memahami teknik berbicara di depan umum
  3. Mengenal kemampuan komunikasi publik
  4. Memahami strategi lobi dan negosiasi
  5. Memahami manajemen isu dan opini publik

Aspek Keterampilan

Kompetensi/Tujuan Pembelajaran: Mampu memiliki kemampuan komunikasi yang baik, mampu memiliki kemampuan untuk berbicara di depan umum, mampu melakukan strategi lobi dan negosiasi, mampu mengatur isu dan opini publik yang muncul.

  1. Mampu menentukan jenis komunikasi sesuai tujuan
  2. Mampu menyampaikan informasi di depan publik
  3. Mampu memiliki kemampuan komunikasi publik
  4. Mampu menganalisis situasi dan menentukan langkah yang tepat sebagai seorang pelobi dan negosiator:
  5. Mampu menganalisa strategi manajemen isu dan opini publik

Aspek Kerja (Afeksi)

Kompetensi/Tujuan Pembelajaran: Memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan memiliki sikap sebagai komunikator yang baik

  1. Memiliki pola pikir sebagai komunikator 
  2. Memiliki sikap sebagai pembicara
  3. Memiliki sikap sebagai komunikator publik
  4. Memiliki Pola Pikir sebagai seorang pelobi dan negosiator
  5. Memiliki sikap sebagai seorang penengah konflik

Mentor : Sandika Dewi Rosalini

Sandika Dewi seorang pendiri sekaligus CEO Speak Project dan seorang MC Profesional sejak 2011, ia mengawali karirnya sebagai Penyiar Radio. Sandika kerap diberi kepercayaan untuk menjadi Pelatih/Pembicara di bidang Public Speaking, Personal Branding, Komunikasi dan Pelatihan MC di berbagai daerah. Klien yang pernah ia tangani: Perusahaan d’Besto, SMESCO UKM, Bank Muamalat, STAN, UI, BEKRAF, Kementerian Perindustrian, DPR RI, Kominfo, Citibank, Sisternet XL Axiata, MRT Jakarta, Puteri Indonesia Riau 2019, Miss Asia International dan lain-lain. Pencapaian pada tahun 2018 dianugerahi penghargaan sebagai Pemuda Inspiratif Nasional dari Kementerian Pemuda dan Olahraga dan dipercaya sebagai MC Asian GAMES 2018. Terakhir di tahun 2021 ia mendapatkan beasiswa di program Future Female Business School dari UK Indonesia Tech Hub.

Durasi detil dan Total Durasi :

Akan ada 5 sesi penyampaian materi dengan masing-masing 3 jam (total durasi 6 jam)

Sesi 1 (Total 3 Jam)

  • Opening & Perkenalan : 10 menit
  • Materi : 120 menit
  • Praktek : 30 menit
  • Tanya Jawab : 15 menit
  • Kesimpuan : 5 menit

Sesi 2 (Total 3 Jam)

  • Opening & Perkenalan : 10 menit
  • Materi : 120 menit
  • Praktek : 30 menit
  • Tanya Jawab : 15 menit
  • Kesimpuan : 5 menit

Sesi 3 (Total 3 Jam)

  • Opening & Perkenalan : 10 menit
  • Materi : 120 menit
  • Praktek : 30 menit
  • Tanya Jawab : 15 menit
  • Kesimpuan : 5 menit

Sesi 4 (Total 3 Jam)

  • Opening & Perkenalan : 10 menit
  • Materi : 120 menit
  • Praktek : 30 menit
  • Tanya Jawab : 15 menit
  • Kesimpuan : 5 menit

Sesi 5 (Total 3 Jam)

  • Opening & Perkenalan : 10 menit
  • Materi : 120 menit
  • Praktek : 30 menit
  • Tanya Jawab : 15 menit
  • Kesimpuan : 5 menit

Metode Ajar : Webinar (Ceramah,Demontrasi, Tanya Jawab)

Jadwal Sesi Konseling

  • Rabu, 16.00 – 17.00 WIB bersama Rini Yunita Khusuharyanti, S.Kom

HARGA   : Rp. 539.000

Mulai Belajar Sekarang Juga

Ayo #PerkayaSkill kamu dengan mengikuti pelatihan di Speak Project sekarang juga.

Daftar Course