Belajar Menjadi Analis Penelitian Pasar (Webinar)

Deskripsi Pelatihan

Mengenal tipe kategori, karakteristik dan psikologis dari sasaran market digital, Membahas tentang tren saluran media digital beserta konten di Indonesia, Membahas seputar tujuan dan jenis iklan di saluran-saluran media sosial sebagai strategi promosi digital, Membuat strategi konten digital melalui formula pilar konten dan implementasi menjalankan iklan di media sosial secara mandiri serta memanfaatkan Whatsapp sebagai media pesan digital baru untuk promosi, marketing dan layanan pelanggan.

Tujuan Umum

Peserta mampu membuat perencanaan strategis media digital sesuai dengan tujuan promosi & sasaran market minimal sebanyak 1 proposal.

Tujuan Khusus

Pengetahuan: Peserta mampu memahami tujuan rencana promosi melalui media digital

Sikap: Peserta peka terhadap minat & kesukaan sasaran market digital

Pengetahuan & Sikap: Peserta mampu mengetahui saluran media digital mana yang akan digunakan & konten digital seperti apa yang akan dibuat

Keterampilan: Peserta mampu menganalisa tren konten promosi digital yang tepat dan sesuai dengan minat & kesukaan sasaran market digital

Kelompok Sasaran/Syarat & Prasyarat/T&C

Umum & pelajar; dengan prasyarat:

  • Peserta perlu memiliki laptop & smartphone
  • Peserta perlu install aplikasi Facebook, Instagram, YouTube, TikTok, dan Canva di smartphone (atau dapat membukanya melalui browser di laptop)
Silabus/ Gambaran Materi (judul materi dan aktivitas yang akan dilakukan)

Sesi 1: Menganalisa Sasaran Market & Tren Konsumen Sebagai Dasar Promosi Media Digital

Materi yang dipelajari:

  • Ragam tipe kategori & perilaku digital sasaran market
  • Wawasan tren saluran digital teraktif di Indonesia
  • Wawasan tren konten digital popular saat ini
  • Formula pembuatan pilar konten digital
  • Tujuan dan tipe iklan digital di Facebook, Instagram, TikTok, dan YouTube
  • Pemanfaatan influencer digital dalam strategi promosi

 

Sesi 2: Implementasi Rancangan Proposal Strategis untuk Promosi Media Digital

Materi yang dipelajari:

  • Kerangka proposal media digital
  • Membuat contoh konten untuk proposal promosi digital
  • Cara menjalankan iklan di Facebook
  • Cara menjalankan iklan di Instagram
  • Cara menjalankan iklan di YouTube
  • Cara menjalankan iklan di TikTok
  • Pemanfaatan aplikasi WhatsApp sebagai media promosi & layanan pelanggan digital
Aspek Kompetensi/ Output Kompetensi

Aspek Pengetahuan

Kompetensi/Tujuan Pembelajaran: Pengetahuan tentang cara menentukan identitas merek/produk dalam membuat pesan komunikasi promosi digital, mengetahui macam-macam tujuan dasar perencanaan media digital, mengenal jenis-jenis sasaran market digital & menganalisa media digital yang sesuai dengan tujuan promosi digital.

Materi Bab 1: Pengetahuan Tentang Perencanaan Media Digital

  • Pengetahuan tentang kategori sasaran market media digital saat ini;
  • Pengetahuan tentang tren konsumen digital saat ini;
  • Media digital paling aktif diakses saat ini beserta perbedaan kegunaannya;
  • Konten digital populer di Indonesia saat ini.
  •  

Materi Bab 2: Dasar-Dasar Strategi Promosi & Konten Kreatif Media Digital

  • Pengetahuan membuat strategi pilar konten digital;
  • Pengetahuan tentang iklan Facebook, Instagram & Youtube;
  • Jenis-jenis konten kreatif untuk promosi iklan digital;

 

Aspek Keterampilan

Kompetensi/Tujuan Pembelajaran: Pembuatan proposal strategis perencanaan promosi digital, cara menentukan sasaran market digital, membuat konten untuk promosi organik & beriklan di saluran digital, menaikkan iklan digital di Facebook, Instagram & Youtube secara mandiri, membuat profil bisnis & katalog digital di aplikasi WhatsApp.

Materi Bab 3: Implementasi Pembuatan Proposal Strategi Media Digital

  • Mampu menentukan keunggulan merek/produk;
  • Menentukan kategori sasaran market digital yang sesuai;
  • Memilih digital media (media sosial & aplikasi pesan digital) yang tepat guna;
  • Membuat contoh konten promosi digital.
  •  

Materi Bab 4: Menjalankan Iklan Digital di Facebook, Instagram & YouTube Serta Promosi Melalui Aplikasi WhatsApp Bisnis

  • Langkah-langkah menaikkan iklan Facebook;
  • Langkah-langkah menaikkan iklan Instagram;
  • Langkah-langkah menaikkan iklan Youtube;
  • Membuat profil bisnis & membuat katalog digital di aplikasi WhatsApp.

 

Aspek Sikap

Kompetensi/Tujuan Pembelajaran: Memahami keinginan sasaran market digital yang sesuai dengan tujuan pembuatan konten dan iklan digital, peka terhadap tren digital dengan memantau perkembangan konten di media sosial yang sesuai sasaran market, mengetahui mana influencer digital yang sesuai dengan identitas merek/brand.

Materi Bab 5: Mampu mengetahui dan peduli terhadap tren konten, media sosial dan influencer digital yang disukai oleh sasaran market.

  • Peka terhadap kebutuhan sasaran market melalui tren konten di media digital.
  • Memiliki sikap selektif dalam menentukan pilar konten, media sosial yang tepat dan kreator konten untuk mewakili pesan promosi dan pemasaran digital.
  • Selalu merasa ingin tahu keefektivitasan influencer digital dengan selalu mengecek “engagement rate”, kolom komentar dan karakteristik dari pengikut influencer sebelum mengajak bekerjasama dalam perencanaan promosi & pemasaran digital untuk merk/brand
  • Mentor : Lil Hasnah, S.I.Kom

Lil Hasnah, S.I.Kom adalah lulusan Universitas Padjadjaran Fakultas Ilmu Komunikasi jurusan Hubungan Masyarakat (Public Relations) tahun 2013. Pada tahun yang sama pula sebelum lulus kuliah, Beliau sudah dipercaya bekerja menjadi Dedicated Strategic Plan & Monitoring Digital Content XL Central Region yang menangani 4 wilayah sekaligus 4 admin untuk XL Bandung-Cirebon-Semarang-Yogyakarta selama 9 bulan oleh XM Gravity (sebuah Multi-Nasional Digital Marketing & Advertising). Di XM Gravity lah awal karir beliau terjun ke dunia konsultan marketing & periklanan digital. Hingga 7,5 tahun lamanya berkecimpung di dalam dunia konsultan digital, akhirnya Beliau memutuskan bergabung dengan “client side”, PT Global Urban Esensial (PT GUE) yang tergabung sebagai anak perusahaan DEXA Group dan merupakan sebuah perusahaan “start-up” aplikasi kesehatan Teman Bumil serta Media publikasi Teman Parenting & Gue Sehat, hingga saat ini.

Durasi detil dan Total Durasi :

Akan ada 2 sesi penyampaian materi dengan masing-masing 3 jam (total durasi 6 jam)

Sesi 1 Total 3 Jam

  • Opening & perkenalan: 5 menit
  • Pemberian materi: 120 menit
  • Tanya Jawab : 45 menit
  • Kesimpulan materi: 10 menit

Sesi 2 Total 3 Jam

  • Opening & perkenalan: 5 menit
  • Pemberian materi: 120 menit
  • Tanya Jawab : 45 menit
  • Kesimpulan materi: 10 menit

Metode Ajar : Webinar (Ceramah, Tanya Jawab)

Jadwal Sesi Konseling

  • Sabtu, pukul 14.00-15.00 WIB bersama Lil Hasnah, S.I.Kom

HARGA   : Rp. 559.000

Mulai Belajar Sekarang Juga

Ayo #PerkayaSkill kamu dengan mengikuti pelatihan di Speak Project sekarang juga.

Daftar Course