Meningkatkan Efektivitas Proses Perekrutan dengan Optimalisasi Daftar Riwayat Hidup dan Strategi Wawancara Kerja bagi Petugas Penempatan Kerja (Webinar)

Deskripsi Pelatihan

Pelatihan ini ditujukan untuk peserta yang ingin memahami tujuan perekrutan dalam hal kebutuhan SDM perusahaan. Diharapkan peserta mampu mengetahui cara melakukan perekrutan yang efektif sesuai kebutuhan perusahaan & mampu menganalisis kualitas SDM dari proses perekrutan

Tujuan Umum

Calon Petugas Penempatan kerja mampu menentukan kebutuhan perusahaan terhadap SDM pada saat membuat alur rencana perekrutan karyawan yang akan dipresentasikan sesuai dengan konsep manajemen talenta serta memperoleh nilai minimal 70% pada saat unjuk keterampilan.

Tujuan Khusus
  1. Pengetahuan: Peserta mampu memahami tujuan perekrutan
  2. Sikap: Peserta peka terhadap kebutuhan SDM perusahaan
  3. Pengetahuan & Sikap: Peserta mampu mengetahui cara melakukan perekrutan yang efektif sesuai kebutuhan perusahaan & mampu menganalisis kualitas SDM dari proses perekrutan
Kelompok Sasaran/Syarat & Prasyarat/T&C
  • Umum & pelajar; dengan prasyarat :

    1. Usia 18 – 47
    2. Minimal lulusan SMA/SMK sederajat
    3. Peserta perlu memiliki laptop & smartphone
    4. Peserta perlu memiliki jaringan internet yang stabil

Silabus/gambaran materi (judul materi dan aktivitas yang akan dilakukan)

Materi yang akan diajarkan di Sesi 1 :
– Memahami definisi manajemen talenta
– Memahami manfaat manajemen talenta
– Memahami prinsip manajemen talenta
– Membuat rencana manajemen talenta yang efektif

Materi yang akan diajarkan di Sesi 2 :
– Merencanakan kebutuhan SDM
– Mengevaluasi kondisi pasar bakat
– Menganalisis jenis posisi & level yang dibutuhkan perusahaan
– Membuat rencana proses perekrutan
– Menentukan infrastruktur perekrutan
– Mampu menentukan tahapan perekrutan

Materi yang akan diajarkan di Sesi 3 :
– Memahami pentingnya daftar riwayat hidup
– Memahami komponen daftar riwayat hidup
– Memahami cara menggunakan daftar riwayat hidup di berbagai kesempatan
– Memahami cara menyusun standar riwayat hidup sesuai kebutuhan perusahaan

Materi yang akan diajarkan di Sesi 4 :
– Memahami pentingnya portofolio
– Memahami komponen posrtofolio
– Memahami cara menggunakan portofolio di berbagai kesempatan
– Memahami cara menyusun portofolio sesuai kebutuhan perusahaan

Materi yang akan diajarkan di Sesi 5 :
– Memahami persiapan melakukan wawancara kerja
– Mengetahui jenis-jenis pertanyaan dalam wawancara kerja
– Memahami tabel indikator dalam wawancara kerja
– Memahami cara mengatasi berbagai tipe kandidat
– Mengetahui faktor-faktor yang dapat menggagalkan proses wawancara kerja

Aspek kompetensi/Output kompetensi

Aspek Pengetahuan (Kognisi) :
Kompetensi/Tujuan pembelajaran: Pengetahuan tentang manajemen talenta, mengetahui cara menyusun kebutuhan SDM dari perusahaan, mengetahui cara menyusun daftar riwayat hidup dan portofolio , serta mengetahui cara menyusun proses wawancara.
1. Memahami manajemen talenta
2. Mengetahui cara menyusun berbagai kebutuhan SDM perusahaan
3. Mengetahui cara menyusun standar daftar riwayat hidup sesuai kebutuhan perusahaan
4. Mengetahui cara menyusun standar pembuatan portofolio sesuai kebutuhan perusahaan
5. Mengetahui cara menyusun rencana wawancara

Aspek Kerja (Afeksi) :
Kompetensi/ Tujuan Pembelajaran:
Memiliki pola pikir sebagai petugas penempatan kerja dan memiliki sikap sebagai seorang petugas penempatan kerja
1. Memiliki pola pikir sebagai petugas penempatan kerja
2. Memiliki pola pikir sebagai perencana perusahaan
3. Memiliki pola pikir sebagai penyeleksi SDM
4. Memiliki pola pikir sebagai penyeleksi SDM
5. Memiliki pola pikir sebagai penyeleksi SDM

Aspek Keterampilan (Psikomotor) :
Kompetensi/Tujuan Pembelajaran:
Mampu mempraktikkan manajemen talenta, mampu menentukan cara menyusun daftar riwayat hidup dan portofolio serta menyusun proses wawancara yang terstruktur
1. Mampu mengaplikasikan manajemen talenta:
2. Mampu menganalisis kebutuhan SDM perusahaan
3. Mampu menyusun standar daftar riwayat hidup sesuai kebutuhan perusahaan
4. Mampu menyusun standar portofolio sesuai kebutuhan perusahaan
5. Mampu menentukan cara membuat rencana wawancara

Mentor : Miss Via

Tri Novia sering disapa Miss Via merupakan Trainer Millenials yang masih muda. Miss Via membantu SDM Perusahaan untuk Mampu berkomunikasi dengan baik sehingga mencapai kinerja terbaiknya. Beliau juga merupakan founder dari Indonesia Health Training Center, yaitu bisnis training yang bergerak di bidang kesehatan dalam upaya peningkatan soft skill SDM Tenaga medis dan tenaga kesehatan di seluruh Indonesia. Sudah menekuni bidang komunikasi selama 11 tahun, dan biasa membawakan materi komunikasi, Public Speaking, service excellent dan Pelatihan soft skill lainnya. Miss Via telah terferifikasi oleh BNSP. Kemenkes dan Lembaga Sertifikasi lainnya. Saat ini miss Via juga merupakan Ketua Bidang Public Speaking Rumah Millennials dan sangat concern terhadap isu Millennials Indonesia.

Akan ada 5 sesi penyampaian materi dengan masing-masing 3 jam (total durasi 6 jam)

Sesi 1 Total 3 Jam
Opening & perkenalan: 5 menit
Pemberian materi: 120 menit
Tanya Jawab : 45 Menit
Kesimpulan materi: 10 menit

Sesi 2 Total 3 Jam
Opening & perkenalan: 5 menit
Pemberian materi: 120 menit
Tanya Jawab : 45 Menit
Kesimpulan materi: 10 menit

Sesi 3 Total 3 Jam
Opening & perkenalan: 5 menit
Pemberian materi: 120 menit
Tanya Jawab : 45 Menit
Kesimpulan materi: 10 menit

Sesi 4 Total 3 Jam
Opening & perkenalan: 5 menit
Pemberian materi: 120 menit
Tanya Jawab : 45 Menit
Kesimpulan materi: 10 menit

Sesi 5 Total 3 Jam
Opening & perkenalan: 5 menit
Pemberian materi: 120 menit
Tanya Jawab : 45 Menit
Kesimpulan materi: 10 menit

Metode Ajar: Webinar (Ceramah, Tanya Jawab)

HARGA   : Rp 1.350.000

Mulai Belajar Sekarang Juga

Ayo #PerkayaSkill kamu dengan mengikuti pelatihan di Speak Project sekarang juga.

Daftar Course