Menyusun Strategi membuka bisnis bagi Calon Pemilik UMKM
Deskripsi Pelatihan
Pelatihan ini ditujukan bagi peserta yang ingin mengetahui apa saja dasar-dasar dalam membangun bisnis, Langkah-langkah dalam membangun bisnis (5 tangga bisnis) Menjelaskan tentang apa saja elemen-elemen dalam BMK (Bisnis Model Kanvas), Bagaimana bertahan dan menjadi pembeda dengan kompetitor bisnis dan mengenal teknik pemasaran bisnis (online & offline)
Tujuan Umum
Peserta mampu menampilkan penguasaan minimal 70% terhadap rencana membuat bisnis melalui Bisnis Model Kanvas pada saat praktek presentasi singkat.
Tujuan Khusus
Pengetahuan : Peserta mampu memahami dasar-dasar dalam berbisnis
Sikap : Peserta mampu memiliki pola pikir seorang pebisnis
Pengetahuan & Sikap : Peserta mampu mengetahui langkah-langkah dalam berbisnis dan sikap yang harus dimiliki bagi seorang pebisnis
Keterampilan : Peserta mampu membuat perencanaan bisnis yang terstruktur melalui konsep BMK (Bisnis Model Kanvas)
Kelompok Sasaran/Syarat & Prasyarat/T&C
Umum & pelajar; dengan prasyarat :
- Usia 18 – 47
- Minimal lulusan SMA/SMK sederajat
- Peserta perlu memiliki laptop & smartphone
- Peserta perlu memiliki jaringan internet yang stabil
Silabus/gambaran materi (judul materi dan aktivitas yang akan dilakukan)
Materi yang akan diajarkan di Sesi 1 :
– Kemampuan yang harus dimiliki
– Mental seorang pengusaha
– Mencari sebuah ide usaha (brainstorming)
– Desain Thinking
– Ideation tools menggunakan : ~ 5W + 1H ~ Analisis SWOT – Tahapan Bisnis
Materi yang akan diajarkan di Sesi 2 :
– Konsep Bisnis Kanvas (Business Model Canvas)
– Manfaat dan Kekurangan BMC
– Elemen-elemen BMC
Materi yang akan diajarkan di Sesi 3 :
– Langkah awal membangun bisnis
– Membuat rencana bisnis dan menghitung potensinya
– Cara mengembangkan bisnis
– Cara mencari investor
Materi yang akan diajarkan di Sesi 4 :
– Menganalisis kompetitor sebelum memilih bisnis
– Menentukan sasaran kompetitor
Materi yang akan diajarkan di Sesi 5 :
– Pentingnya meningkatkan penjualan
– Cara meningkatkan penjualan
– Pemasaran
– Cara memasarkan usaha
Aspek kompetensi/Output kompetensi
Aspek Pengetahuan (Kognisi) : Kompetensi/Tujuan Pembelajaran: Mengetahui pengetahuan tentang tata cara membangun bisnis, aspek-aspek dasar dalam berbisnis,memahami teori Bisnis Model Kanvas (BMK), tata cara membangun bisnis yang berkelanjutan, serta cara menganalisis pesaing bisnis.
1. Memahami dasar-dasar menjadi pebisnis
2. Mengenal Bisnis Model Kanvas
3. Memahami langkah-langkah dalam menerapkan bisnis
4. Memahami pesaing bisnis
5. Mengenal teknik pemasaran bisnis
Aspek Kerja (Afeksi) : Kompetensi/Tujuan Pembelajaran: Memiliki sikap sebagai seorang pebisnis UMKM serta memiliki sifat konsistensi dalam mengembangkan bisnis.
1. Memahami sikap dan sifat sebagai seorang pebisnis UMKM
2. Memiliki sikap sebagai perencana bisnis
3. Memiliki sikap sebagai perencana bisnis
4. Memahami pesaing bisnis
5. Memiliki sikap untuk dapat memasarkan bisnisnya
Aspek Keterampilan (Psikomotor) : Kompetensi/Tujuan Pembelajaran: Mampu menentukan langkah-langkah dalam berbisnis, mampu membuat rencana bisnis menggunakan BMK, Mampu menganalisis pesaing bisnis
1. Mampu memiliki kemampuan dasar sebagai pebisnis
2. Mampu membuat rencana bisnis melalui BMK
3. Menentukan langkah-langkah dalam membangun bisnis
4. Menganalisis pesaing bisnis
5. Membuat teknik pemasaran bisnis


Mentor : Triana Rahmawati
Triana Rahmawati atau yang biasa dikenal dengan nama panggilan Tria adalah seorang lulusan S2 Sosiologi di Universitas Sebelas Maret Surakarta. Selain aktif di bidang sosial, juga berfokus menjadi seorang wirausahawan yang saat ini telah berkembang menjadi mentor kewirausahaan. Triana memulai bisnis pertama dengan membuka laundry (Lova Laundry) dan bisnis kado (Youth Project) pada tahun 2014. Kemudian membuka lini bisnis lain di bidang souvenir (Givo Souvenir) dan minyak esensial (Humie Essential Oil), yang masih berjalan hingga sekarang. Memiliki prestasi dan penghargaan di bidang kewirausahaan seperti sebagai Grand Finalis Social Entrepreneur Diplomat Success Challenge pada tahun 2018 dan Runner Up Inkubasi Bisnis Smeska Solo Technopark pada tahun 2021. Kemudian menjadi pengajar ekstrakurikuler kewirausahaan SMP PK Muhammadiyah Surakarta sejak tahun 2020 dan Dosen Tamu Kewirausahaan UNIBA Surakarta sejak tahun 2022 hingga sekarang. Di tingkat nasional, Triana menjadi mentor program kewirausahaan milik PT UNITED TRACTORS Tbk dan PT ASTRA DAIHATSU. Program kewirausahaan yang dilaksanakan secara daring dan luring. Untuk kegiatan luring sendiri dilaksanakan di empat kota, yaitu Jakarta, Bandung, Bogor, dan Tangerang. Saat ini sedang aktif menjalankan bisnisnya sendiri yaitu Youth Project, Givo Souvenir, dan Humie Essential Oil. Serta aktif sebagai mentor komunitas kewirausahaan milik PT UNITED TRACTORS Tbk, yaitu Berdaya Bersama.
Durasi detil dan Total Durasi :
Akan ada 5 sesi penyampaian materi dengan masing-masing 3 jam (total durasi 6 jam)
Sesi 1 Total 3 Jam
Opening & perkenalan: 5 menit
Pemberian materi: 120 menit
Tanya Jawab : 45 Menit
Kesimpulan materi: 10 menit
Sesi 2 Total 3 Jam
Opening & perkenalan: 5 menit
Pemberian materi: 120 menit
Tanya Jawab : 45 Menit
Kesimpulan materi: 10 menit
Sesi 3 Total 3 Jam
Opening & perkenalan: 5 menit
Pemberian materi: 120 menit
Tanya Jawab : 45 Menit
Kesimpulan materi: 10 menit
Sesi 4 Total 3 Jam
Opening & perkenalan: 5 menit
Pemberian materi: 120 menit
Tanya Jawab : 45 Menit
Kesimpulan materi: 10 menit
Sesi 5 Total 3 Jam
Opening & perkenalan: 5 menit
Pemberian materi: 120 menit
Tanya Jawab : 45 Menit
Kesimpulan materi: 10 menit
Metode Ajar: Webinar (Ceramah, Tanya Jawab)
HARGA : Rp 1.275.000
Mulai Belajar Sekarang Juga
Ayo #PerkayaSkill kamu dengan mengikuti pelatihan di Speak Project sekarang juga.
Daftar Course