Kenal Lebih Dekat dengan Peran dan Tugas Moderator

Apakah speakers mengetahui Najwa Shihab? Popularitas Najwa Shihab memang terlihat semakin meningkat, apalagi setelah menjadi moderator dalam acara Mata Najwa. Pernahkah terbesit dalam khayalan speakers untuk bisa jadi seperti Najwa Shihab sebagai moderator yang sangat baik dalam memandu diskusi? Tapi sebelumnya, speakers perlu nih kenalan dulu sama pengertian moderator dan apa saja perannya dalam diskusi. 

Pengertian Moderator

Jika menelusuri asal bahasanya, moderator berasal dari Bahasa Inggris yang memiliki arti sebagai orang yang melakukan moderasi atau menjadi penengah. Tapi kalau melihat arti kata moderator melalui Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), moderator punya beberapa makna, yaitu:

  1. Orang yang bertindak sebagai penengah (hakim, wasit, dan sebagainya);
  2. Pemimpin sidang (rapat, diskusi) yang menjadi pengarah pada acara pembicaraan atau pendiskusian masalah;
  3. Alat pada mesin yang mengatur atau mengontrol aliran bahan bakar atau sumber tenaga.

Dari beberapa pengertian itu, di artikel ini kita fokuskan saja bahwa moderator merupakan orang yang bertindak sebagai penengah atau menjadi pengarah pada suatu acara pembicaraan atau pendiskusian masalah. 

Kemudian pertanyaan selanjutnya adalah, kenapa seorang moderator dibutuhkan dalam suatu acara diskusi? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, maka perlu dikenali peran dan tugas moderator dalam suatu acara diskusi. 

Seperti yang diuraikan sesuai pengertiannya, peran moderator ini bisa diibaratkan seperti hakim maupun wasit. Dalam diskusi, peran moderator adalah sebagai penengah atau pengendali jalannya diskusi agar bisa berjalan lancar dan sukses. Saat ada dua pihak narasumber yang berdebat dan mulai tidak kondusif atau melebihi batas waktu yang ditentukan, maka moderator lah yang akan menjadi penengah di antara keduanya supaya kondisi diskusi bisa kembali efektif dan kondusif. 

Baca artikel lainnya: Yuk Belajar Public Speaking, Biar Lancar Ngomong Saat Presentasi

Peran dan Tugas Moderator

peran dan fungsi moderator
Sumber: Youtube Najwa Shihab

Peran utama moderator sebenarnya mirip dengan MC, yaitu sebagai pemandu agar acara dapat dilaksanakan tepat waktu sesuai yang sudah direncanakan. Namun, perbedaan utama antara MC dan moderator adalah cakupannya. Seorang MC menjadi pemandu pada keseluruhan acara, mulai dari pembukaan hingga penutupan. Sedangkan moderator akan memandu salah satu dari serangkaian acara, atau biasanya dikenal juga dengan segmen acara. Segmen acara yang membutuhkan moderator biasanya acara diskusi yang memiliki narasumber. 

Selain sebagai penengah antara narasumber, seorang moderator juga berperan dalam mengawal arah diskusi agar masih tetap relevan dengan tujuan diskusi. Saat narasumber sudah berbicara terlalu lama, acara diskusi akan beresiko menjadi membosankan. Moderator perlu memberi batasan waktu kepada setiap pihak yang diberi kesempatan bicara agar mereka hanya berbicara dalam durasi waktu yang ditentukan. Hal ini akan membuat acara diskusi bisa berjalan sesuai waktu yang direncanakan. 

Untuk bisa menjalankan peran sebagai moderator, ada beberapa tugas serta tanggung jawab seorang moderator, yaitu:

  • Mengawal sekaligus mengawasi kegiatan diskusi dalam suatu forum agar bisa berjalan sesuai rencana.
  • Memastikan bahwa bahasan atau pembicaraan dalam forum berlangsung sesuai dengan topik utama yang telah ditentukan.
  • Menciptakan ide dan membuat topik baru supaya acara diskusi menjadi dinamis dan tetap hidup.
  • Memberikan pembukaan atau pengantar singkat mengenai penjelasan topik yang akan menjadi bahasan dalam kegiatan diskusi.
  • Memberikan peringatan jika dalam kegiatan diskusi ada narasumber yang mulai membicarakan hal yang tidak relevan atau sudah melenceng dari topik utama yang sedang didiskusikan.
  • Memberikan peringatan jika dalam kegiatan diskusi terdapat pihak, baik narasumber maupun peserta acara, yang melanggar aturan atau dianggap memiliki potensi untuk membuat kegaduhan atau mengganggu jalannya diskusi. 

Nah, lumayan banyak juga ya speakers peran dan tugas seorang moderator itu. Setelah makin kenal dengan peran dan tugas moderator, speakers perlu gali lagi hal-hal yang diperlukan untuk bisa menyiapkan diri menjadi moderator. Dalam rangka melaksanakan acara diskusi yang berjalan lancar, tentunya ada beberapa hal yang perlu disiapkan ya speakers, baik menyiapkan materi maupun menyiapkan sifat dan sikap seorang moderator. Pertanyaan selanjutnya adalah Apa yang Harus Dimiliki Seorang Moderator? Gimana nih, makin tertarik gak untuk jadi moderator?

Menjadi pembicara yang baik tentu tidak bisa dicapai secara instan, perlu belajar dan berlatih. Kini speakers gak perlu khawatir lagi mencari tempat belajar untuk mengasah kemampuan public speaking. Siapa saja memiliki posibilitas untuk bisa mewujudkan impian menjadi pembicara handal. Speak Project merupakan sebuah tempat kursus atau akademi yang fokus pada pengembangan skill di bidang komunikasi dan digital. Konsep kegiatan pembelajaran di Speak Project juga beragam, mulai dari kegiatan berupa pelatihan seminar, workshop, hingga kelas privat. Selain itu, Speak Project juga menjunjung fleksibilitas sehingga kegiatan belajar bisa diikuti baik model kelas berupa kelas luring (offline) maupun kelas daring (online). Kelas online akan menggunakan video pembelajaran yang bisa diakses semua peserta kelas kapan pun. Jadi, peserta pembelajaran bisa mengulang lagi bila ada materi yang belum dipahami.

Selama perjalanannya, Speak Project telah banyak mencetak alumni dan sebagian dari mereka ada yang berprofesi sebagai MC, Public Relations, Marcomm, Sales, Digital Strategist, hingga pengusaha. Saat ini Speak Project memiliki program yang terbagi menjadi beberapa kelas, yaitu Kelas Komunikasi, Kelas Komunikasi Bisnis, dan Kelas Komunikasi Digital. Buat speakers yang tertarik ingin belajar lebih dalam untuk bisa menjadi MC, klik di sini untuk lihat informasi lebih lanjut.

Bagikan Artikel ini!

Leave a Comment