Mau Jadi MC Andal? Simak Hal yang Perlu Kamu Miliki

Master Of Ceremony
MASTER OF CEREMONY

MC kini menjadi profesi yang makin banyak digeluti, terutama bagi para milenial. Apalagi sekarang ini mulai banyak acara yang bisa dilaksanakan secara daring, peluang MC tentu saja makin terbuka lebar. Namun, terbukanya peluang tanpa diiringi dengan peningkatan skill itu ibarat mengalami kelaparan padahal tinggal di tepi lautan. Ada banyak sekali ikan di lautan, tapi kebingungan cara mengambilnya. Sayang sekali kan speakers kalau gak bisa memanfaatkan peluang yang ada. 

Speakers mungkin mulai bertanya-tanya, jika ingin menjadi MC yang andal, apa saja yang perlu dimiliki? Nah, simak yuk beberapa hal berikut ini, apakah sudah speakers miliki dan persiapkan untuk menjadi MC.

 

Menjadi MC Andal Perlu Punya Persiapan yang Matang

Salah satu hal yang sangat penting dimiliki oleh seorang MC adalah memiliki persiapan yang matang mengenai acara yang akan dilaksanakan. Mulai dari sistem audio yang menunjang, apakah semua sudah dipastikan kualitasnya. Kemudian memastikan pengisi acaranya, apakah semua siap tampil dan gak ada kendala. Hal yang gak kalah penting adalah memastikan jadwal acara yang terbaru dari panitia pelaksana acara. MC gak hanya menjadi jembatan antara peserta atau audiens dan pengisi acara, melainkan juga menjadi jembatan dengan panitia pelaksanaan acara. Untuk itu, MC yang andal biasanya akan melakukan pengecekan baik dari segi jadwal dan susunan acara, serta informasi yang memadai mengenai seluk beluk acara beserta semua pihak yang terlibat. Sebagai contoh, sebuah perusahaan yang akan merayakan hari jadi perusahaannya yang ke 5 tahun bersama para karyawan dan petinggi perusahaan. Salah satu tugas MC adalah menggali informasi mengenai perusahaan tersebut, mulai dari bidang usahanya, karakteristik karyawan dan petingginya, hingga lingkungan kerjanya. Sebab, hal ini akan membantu MC untuk bisa berempati dengan peserta acara. Peserta pun akan merasa lebih terhubung dengan sang MC yang dirasa telah mengenal mereka. 

Baca artikel lainnya : Apa itu MC (Master of Ceremony) dan Tips Menjadi MC Bagi Pemula

 

MC Andal Perlu Memiliki Kemampuan Adaptasi

Persiapan yang matang sangatlah penting. Namun, kemampuan untuk beradaptasi juga sama pentingnya. Kadang, ada saja suatu hal terjadi di luar rencana. Ketidakmampuan manusia mengendalikan segala sesuatu yang akan terjadi, bisa disiasati dengan kemampuannya beradaptasi. Bayangkan, saat sedang memandu acara tiba-tiba microphone mati. Seorang MC Andal harus bisa mengatasi kondisi tanpa panik agar peserta gak ikutan panik. MC yang andal akan mampu mencari cara lain untuk menghadapi kondisi tak terduga dengan percaya diri dan menemukan alternatif solusinya serta membuat energi dan suasana acara tetap kondusif. Kemampuan beradaptasi ini biasanya diikuti dengan cara berpikir kreatif. Dengan terbiasa berpikir kreatif, biasanya akan muncul ide-ide baru salah satunya untuk landasan dalam improvisasi. 

MC Harus bisa beradaptasi
MC Harus bisa berimprovisasi

MC Andal Perlu Punya Kemampuan Berkomunikasi yang Baik

Apakah speakers sudah tahu acara yang sukses itu acara yang seperti apa? Salah satu indikator suksesnya suatu acara adalah seberapa enjoy para peserta atau audiens di acara tersebut. Biasanya, untuk bisa merasa enjoy, para peserta ini perlu merasa terkoneksi atau terlibat nih oleh MC, baik peserta yang posisinya dekat dengan MC hingga peserta yang posisinya jauh sekali dengan MC. Sebelum membuat audiens enjoy, tentu saja MC perlu terlebih dulu merasa enjoy, dimulai dari tertarik dengan acara yang dipandunya. MC yang andal akan membuat audiens merasa terinspirasi.

Membahas soal komunikasi yang baik, struktur bahasa yang dipilih oleh MC juga perlu menjadi perhatian nih speakers. Tentu saja ini menyesuaikan dengan jenis acara yang dipandu. Sebagai contoh, pemilihan kata untuk acara formal harus memakai bahasa baku, sedangkan MC untuk acara informal bisa memakai bahasa yang lebih casual supaya lebih akrab. Mengenai waktu dan jadwal acara, MC yang andal memang perlu sadar terhadap ketepatan waktu, tapi yang lebih penting adalah perlunya memiliki kepekaan dan fleksibilitas terhadap situasi dan kondisi yang tengah terjadi supaya tetap bisa menjaga energi dan mood audiens. MC yang andal akan paham kapan waktunya menaikan atau menurunkan tempo acara saat diperlukan.

Kini peluang untuk menjadi MC sangat mungkin untuk diwujudkan loh speakers. Tentu saja, speakers perlu mengenal dan mempelajari keahlian apa saja yang perlu dimiliki oleh seorang MC. Speak Project merupakan sebuah tempat kursus atau akademi yang fokus pada pengembangan skill di bidang komunikasi dan digital. Konsep kegiatan pembelajaran di Speak Project juga beragam, mulai dari kegiatan berupa pelatihan seminar, workshop, hingga kelas privat. Selain itu, Speak Project juga menjunjung fleksibilitas sehingga kegiatan belajar bisa diikuti baik model kelas berupa kelas luring (offline) maupun kelas daring (online). Kelas online akan menggunakan video pembelajaran yang bisa diakses semua peserta kelas kapan pun. Jadi, peserta pembelajaran bisa mengulang lagi bila ada materi yang belum dipahami.

Selama perjalanannya, Speak Project telah banyak mencetak alumni dan sebagian dari mereka ada yang berprofesi sebagai MC, Public Relations, Marcomm, Sales, Digital Strategist, hingga pengusaha. Saat ini Speak Project memiliki program yang terbagi menjadi beberapa kelas, yaitu Kelas Komunikasi, Kelas Komunikasi Bisnis, dan Kelas Komunikasi Digital. Buat speakers yang tertarik ingin belajar lebih dalam untuk bisa menjadi MC, klik di sini untuk lihat informasi lebih lanjut.

Leave a Comment