Mengasah Keterampilan Menjadi Manajer Pemasaran untuk Mendukung Pertumbuhan Usaha

Deskripsi Pelatihan

Pelatihan ini ditujukan bagi peserta yang ingin berprofesi sebagai Manajer Pemasaran. Manajer pemasaran merencanakan, mengatur, mengontrol dan mengkoordinir kegiatan atau proses pemasaran untuk mencapai target penjualan dan mengembangkan pasar secara efektif dan efisien. Menjelaskan perbedaan aktifitas sales dan marketing, mempelajari analisa SWOT (Strength – Weakness – Opportunity – Threat) dan proses mencapai level sebagai manajer pemasaran.

Tujuan Umum

Peserta mampu membuat perencanaan strategis terkait manajer pemasaran sesuai dengan visi misi perusahaan agar dapat terus mengembangkan bisnis yang sedang dijalankan. Peserta juga mampu mengaplikasikan kemampuan strategi pemasaran pada kepemilikan bisnis sendiri.

Tujuan Khusus
  1. Peserta mampu memahami tujuan rencana atau persiapan strategi pemasaran (Pengetahuan)
  2. Peserta memiliki keminatan & kesukaan pada bidang pemasaran, penjualan untuk menyasar atau mencapai sebagai Manajer Pemasaran (Sikap)
  3. Peserta mampu menganalisa tren marketing dan menganalisa perubahan perilaku konsumen secara tepat yang dibutuhkan oleh pasar. Dalam hal ini aktifitas marketing atau pemasaran dapat berupa aktifitas pemasaran secara konvensional/penjualan langsung dan atau aktifitas pemasaran secara daring (online) (Keterampilan)
  4. Peserta dapat mempelajari analisis usaha yang baik melalui Analisis Strength, Weakness, Opportunity, Threat – SWOT (Pengetahuan)
Kelompok Sasaran/Syarat & Prasyarat/T&C

Umum, Pekerja lepasan, lulusan Universitas dan bisa juga diperuntukkan bagi yang belum bekerja; dengan prasyarat peserta perlu memiliki laptop, smartphone/hp, mampu menggunakan Microsoft office dan buku catatan.

Silabus/ Gambaran Materi (judul materi dan aktivitas yang akan dilakukan)

Materi yang akan diajarkan di Sesi 1:

  • Dasar-dasar Marketing dan Memahami Jenis-jenis kategori Marketing
  • Mempelajari Target Konsumen dan Perilaku Konsumen, Mempelajari Biaya Marketing (anggaran aktifitas promosi)
  • Memilih klien (konsumen) tepat sasaran, Chanel/alat distribusi pemasaran melalui penjualan offline (luring) dan online (daring)
  • Merencanakan, mengatur dan mengkoordinir kegiatan pemasaran perusahaan atau organisasi
  • Keterampilan apakah yang harus dimiliki oleh seorang sales
  • Merencanakan dan mengkoordinir seluruh program pemasaran berdasarakan laporan hasil penjualan atau pemasaran serta penilaian pasarnya
  • Bagaimana memanajemen atau mengatur waktu antara penjualan dan produksi
  • Bagaimana memanajemen target supaya bisa capai target di akhir bulan
  • Media apa saja yang efektif untuk melakukan penjualan
  • Perbedaan antara Sales dan Marketing
  • Bagaimana menjadi Manajer Pemasaran

 

Materi yang akan diajarkan di Sesi 2:

  • Marketing Tools/Alat Pemasaran dan Analisis SWOT
  • Penjelasan B2C (Business to Customer) & B2B (Business to Business)
  • Mempelajari demografi target pasar
  • Praktek Studi Kasus, Teknik Presentasi Produk dan Memperdalam Pemahaman Produk
  • Menentukan harga jual, produk yang akan diluncurkan, jadwal kunjungan serta sistem promosi untuk memastikan tercapainya target penjualan
  • Menganalisis dan mengembangkan strategi pemasaran untuk meningkatkan jumlah pelanggan dan area sesuai dengan target yang ditentukan
  • Menganalisis dan memberikan arah pengembangan design dan warna, untuk memastikan pengembangan produk sesuai dengan kebutuhan pasar
  • Melakukan evaluasi kepuasan pelanggan dari hasil survei seluruh tim penjualan untuk memastikan tercapainya target kepuasan pelanggan yang ditentukan
  • Melaporkan hasil pelaksanaan tugas sebagai pertanggungjawaban tugas dan mewakili perusahaan atau organisasi dalam negosiasi, dan pada konvensi, seminar, dengar pendapat publik dan forum
Aspek Kompetensi/ Output Kompetensi

Aspek Pengetahuan

Kompetensi/Tujuan Pembelajaran: Memahami seluk beluk terkait pemasaran dan elemen-elemennya, dari mulai dasar hingga mencapai di level Manajer. Adapun detail materi pada aspek ini adalah sebagai berikut:

  • Dasar-dasar Marketing dan Memahami Jenis-jenis kategori Marketing
  • Merencanakan, mengatur dan mengkoordinir kegiatan pemasaran perusahaan atau organisasi
  • Merencanakan dan mengkoordinir seluruh program pemasaran berdasarakan laporan hasil penjualan atau pemasaran serta penilaian pasarnya
  • Media apa saja yang efektif untuk melakukan penjualan
  • Perbedaan antara Sales dan Marketing
  • Bagaimana menjadi Manajer Pemasaran
  • Penjelasan B2C (Business to Customer) & B2B (Business to Business)
  • Mempelajari demografi target pasar

 

Aspek Keterampilan

Kompetensi/Tujuan Pembelajaran: Mempelajari teknik dan keterampilan yang harus dimiliki bagi seorang Manajer Pemasaran. Adapun detail materi pada aspek ini adalah sebagai berikut:

  • Mempelajari Target Konsumen dan Perilaku Konsumen, Mempelajari Biaya Marketing (anggaran aktifitas promosi)
  • Memilih klien (konsumen) tepat sasaran, Chanel/alat distribusi pemasaran melalui penjualan offline (luring) dan online (daring)
  • Keterampilan apakah yang harus dimiliki oleh seorang sales
  • Marketing Tools/Alat Pemasaran dan Analisis SWOT
  • Praktek Studi Kasus, Teknik Presentasi Produk dan Memperdalam Pemahaman Produk
  • Menentukan harga jual, produk yang akan diluncurkan, jadwal kunjungan serta sistem promosi untuk memastikan tercapainya target penjualan
  • Menganalisis dan mengembangkan strategi pemasaran untuk meningkatkan jumlah pelanggan dan area sesuai dengan target yang ditentukan
  • Menganalisis dan memberikan arah pengembangan design dan warna, untuk memastikan pengembangan produk sesuai dengan kebutuhan pasar

 

Aspek Sikap

Kompetensi/Tujuan Pembelajaran: Mempelajari serta mendalami secara detail yang berhubungan dengan aktifitas konsumen, kepuasan pelanggan, evaluasi dan manajemen waktu pada aktifitas pemasaran untuk mencapai target sebagai Manajer Pemasaran. Adapun detail materi pada aspek ini adalah sebagai berikut:

  • Mempelajari Target Konsumen dan Perilaku Konsumen, Mempelajari Biaya Marketing (anggaran aktifitas promosi)
  • Bagaimana memanajemen atau mengatur waktu antara penjualan dan produksi
  • Bagaimana memanajemen target supaya bisa capai target di akhir bulan
  • Melakukan evaluasi kepuasan pelanggan dari hasil survei seluruh tim penjualan untuk memastikan tercapainya target kepuasan pelanggan yang ditentukan
  • Melaporkan hasil pelaksanaan tugas sebagai pertanggungjawaban tugas dan mewakili perusahaan atau organisasi dalam negosiasi, dan pada konvensi, seminar, dengar pendapat publik dan forum
  • Mentor : Muchammad Nur Hydansyah SE., MM.

Muchammad Nur Hydansyah SE., MM. merupakan Senior Partnership Project Management – Strategic Partnership Division at Indosat Ooredoo Lebih dari 10 Tahun pengalaman kerja progresif dalam pemasaran digital, penjualan, pengembangan bisnis, pemasaran, analis data, konsultasi, dan manajemen proyek di segmen yang sangat kompetitif dari industri IT, Periklanan Digital dan Industri Telekomunikasi.

Durasi detil dan Total Durasi :

Akan ada 2 sesi penyampaian materi dengan masing-masing 3 jam (total durasi 6 jam)

Sesi 1 Total 3 Jam

  • Opening & perkenalan >> 10 menit
  • Pemberian materi >> 2 jam 25 menit
  • Tanya Jawab >> 20 menit
  • Kesimpulan Materi >> 5 menit

Sesi 2 Total 3 Jam

  • Opening & perkenalan >> 10 menit
  • Pemberian materi >> 2 jam 20 menit
  • Praktek >> 10 menit
  • Tanya Jawab >> 15 menit
  • Kesimpulan Materi >> 5 menit
  •  

Metode Ajar : Webinar (Ceramah, Tanya Jawab)

Jadwal Sesi Konseling

  • Minggu, Pukul 17.00 – 18.00 WIB bersama Muchammad Nur Hydansyah SE., MM

HARGA   : Rp. 600.000

Mulai Belajar Sekarang Juga

Ayo #PerkayaSkill kamu dengan mengikuti pelatihan di Speak Project sekarang juga.

Daftar Course
Send a Message