Cara Belajar Public Speaking

Belajar Public Speaking

Dear speakers, di suatu kesempatan pernah gak ditunjuk untuk melakukan presentasi? Apakah speakers langsung merasa keringat dingin saat mencoba berbicara di depan banyak orang? 

Jangan terlalu khawatir, melakukan presentasi yang baik di depan banyak orang bisa dipelajari kok. Salah satu cara untuk bisa lancar ngomong saat presentasi bisa dengan belajar public speaking atau seni belajar berbicara di depan umum. Speak Project mau kasih beberapa cara supaya speakers bisa belajar public speaking.

Belajar Public Speaking Melalui Pendidikan Formal

Cara satu ini bisa dicoba kalo speakers lagi cari pendidikan formal di sekolah tinggi yang bisa belajar tentang public speaking. Jurusan satu ini cocok banget buat belajar public speaking, yaitu program studi Ilmu Komunikasi. Meskipun, Ilmu Komunikasi bukan hanya mempelajari tentang public speaking, tapi juga belajar komunikasi dalam bentuk lainnya baik berupa tulisan maupun siaran. Merujuk kurikulum Ilmu Komunikasi Universitas Airlangga, selain pelajaran dasar tentang komunikasi, ada juga empat jenis peminatan yang dipelajari di jurusan Ilmu Komunikasi, mulai dari komunikasi korporat, produksi konten kreatif, komunikasi pemasaran, hingga studi media dan budaya. Public speaking jadi salah satu mata kuliah peminatan komunikasi korporat. 

Public Speaking
Public Speaking sebagai mata kuliah

Baca artikel lainnya: Apa Itu Presentasi, Tujuan serta Manfaatnya

Belajar Public Speaking Melalui Buku

Belajar memang tidak harus selalu melalui pendidikan formal. Istilah ‘buku adalah jendela dunia’ tentu sangat familiar ya. Buku bisa jadi alternatif dalam menggali informasi dan ilmu yang ingin diketahui, tidak terkecuali untuk belajar public speaking yang bisa juga dengan membaca buku. Salah satu buku yang Speak Project mau rekomendasi adalah buku karya Dale Carnegie yang berjudul How to Develop Self-Confidence & Influence People by Public Speaking

public speaking

Buku ini bisa membantu speakers mengatasi rasa takut dan ingin mengembangkan kepercayaan diri untuk bisa berbicara di depan banyak orang. Menurut Carnegie, kunci sukses untuk bisa menjadi pembicara yang sukses itu melalui persiapan, perencanaan matang, dan terus berlatih. Menurutnya, semua orang bisa berbicara di depan umum asalkan mau belajar mengembangkan kemampuannya, seperti halnya kemampuan dalam bermain golf yang bisa dikuasai karena dipelajari dan dilakukan terus-menerus. 

Mengenai persiapan, Carnegie memberikan beberapa tips salah satunya adalah mulai cobalah berlatih berbicara dengan memilih topik apapun yang menarik bagi speakers. Siapkan beberapa hari untuk membicarakan topik tersebut kepada teman dan cobalah membuat lawan bicara merasa tertarik juga dengan topik itu. Sebelumnya, tentu perlu riset mengenai topik yang akan dibicarakan, karena semakin banyak speakers memahami topik yang akan dibicarakan, maka akan meningkat juga rasa percaya diri speakers saat membicarakannya. Satu hal terpenting untuk diingat selama belajar public speaking adalah perlunya ketekunan atau persistence. Seorang pembicara saat melakukan presentasi perlu mengetahui situasi dan kondisi agar bisa menyampaikan informasi dengan baik. Saat melakukan presentasi, sebaiknya jangan terdengar menggurui audiens. Bangunlah komunikasi secara natural hingga membuat audiens merasa topik yang dipresentasikan adalah sesuatu yang menarik minat audiens. Menurut Carnegie, rahasia presentasi yang baik itu bukan hanya tentang apa yang dibicarakan, tapi bagaimana membicarakannya. 

Belajar Public Speaking Melalui Mentor 

Ada banyak jalan menuju Roma, begitu pula dengan belajar public speaking yang banyak caranya. Belajar public speaking juga bisa melalui mentor yang berpengalaman. Untuk bisa menemukan mentor berpengalaman juga ada banyak nih speakers caranya. Misalnya dengan menemukan mentor panutan melalui sosial media. Speakers bisa coba hubungi personal lewat email atau DM dan tanyakan apakah ada kesempatan untuk bisa jadi muridnya. 

Kalau cara itu belum berhasil, tenang aja, masih ada cara lain yaitu ikutan akademi atau kursus yang menyediakan kelas-kelas pembelajaran tentang public speaking. Apalagi biasanya kursus-kursus ini punya beberapa alternatif jenis pembelajaran, ada yang bisa belajar bersama langsung tatap muka dengan mentor, belajar privat, maupun belajar secara online. Speak Project juga punya mentor-mentor kece yang siap bantu speakers untuk jadi pembicara profesional. Salah satunya kakak Nabila Nadjib yang punya segudang pengalaman bahkan sudah merambah ke dunia televisi mulai dari TVRI Nasional, KTV, dan juga USeetv. Tentunya, ada banyak mentor kece lainnya di Speak Project yang bisa jadi rekan belajar.

Menjadi pembicara yang baik tentu tidak bisa dicapai secara instan, perlu belajar dan berlatih. Kini speakers gak perlu khawatir lagi mencari tempat belajar untuk mengasah kemampuan public speaking. Siapa saja memiliki posibilitas untuk bisa mewujudkan impian menjadi pembicara handal. Speak Project merupakan sebuah tempat kursus atau akademi yang fokus pada pengembangan skill di bidang komunikasi dan digital. Konsep kegiatan pembelajaran di Speak Project juga beragam, mulai dari kegiatan berupa pelatihan seminar, workshop, hingga kelas privat. Selain itu, Speak Project juga menjunjung fleksibilitas sehingga kegiatan belajar bisa diikuti baik model kelas berupa kelas luring (offline) maupun kelas daring (online). Kelas online akan menggunakan video pembelajaran yang bisa diakses semua peserta kelas kapan pun. Jadi, peserta pembelajaran bisa mengulang lagi bila ada materi yang belum dipahami.

Selama perjalanannya, Speak Project telah banyak mencetak alumni dan sebagian dari mereka ada yang berprofesi sebagai MC, Public Relations, Marcomm, Sales, Digital Strategist, hingga pengusaha. Saat ini Speak Project memiliki program yang terbagi menjadi beberapa kelas, yaitu Kelas Komunikasi, Kelas Komunikasi Bisnis, dan Kelas Komunikasi Digital. Buat speakers yang tertarik ingin belajar lebih dalam untuk bisa menjadi MC, klik di sini untuk lihat informasi lebih lanjut.

Bagikan Artikel Ini!

Leave a Comment